INI DIA TIPS AGAR KACA MOBIL ANDA TETAP TERAWAT

Perawatan mobil tak hanya terbatas pada mesin saja, melainkan juga tampilan luar mobil. Salah satu yang penting adalah Perwatan Kaca mobil. Perawatan kaca berbeda dengan body, sebab kebersihan kaca sangat memengaruhi penampilan serta daya penglihatan pengemudi. Jadi, menjaga kondisi kaca mobil agar tetap mengilap wajib dilakukan oleh setiap pemiliknya. Sebab tak sekali dua kali kecelakaan mobil di jalan raya ternyata disebabkan oleh kaca depan yang kotor sehingga menghalangi jarak pandang Anda saat mengemudi.

Permasalahan yang sering kita jumpai pada mobil kita antar lain adalah Kaca mobil berjamur dan kotor Penyebab jamur kaca adalah mineral seperti air hujan dan air tanah yang terdiri dari zat besi menempel dan mengering di permukaan kaca lalu menjadi bercak yang disebut water spot atau jamur. Untuk itu, sebelum mulai berkendara, memastikan kaca mobil tetap bersih merupakan rutinitas yang sebaiknya dilakukan .

Berikut cara mudah yang bisa Anda terapkan agar kaca mobil selalu bersih :

  1. Lap dengan menggunakan microfiber. Alih-alih menggunakan kemoceng, sebaiknya gunakan lap lembut saja untuk membersihkan permukaan kaca mobil. Menyingkirkan debu dengan kemoceng hanya akan meninggalkan bekas pada kaca dan ‘memindahkan’ debunya saja karena debu akan menempel di bagian lain. Lebih baik gunakan lap microfiber yang bersih untuk menjaga kaca tetap bersih.
  2. Cek kondisi karet wiper. Ternyata karet wiper juga berpengaruh dalam mempertahankan kebersihan kaca, lho. Karet wiper yang sudah rusak dan mengeras ternyata bisa menyebabkan goresan pada permukaan kaca ketika digunakan. Untuk itu, jika kondisi karet wiper sudah tidak maksimal dalam menyapu air di kaca, sebaiknya segera diganti, ya. Sebab bukannya membantu membersihkan, karet wiper yang rusak ini justru bisa membuat kaca tergores.
  3. Langsung bersihkan ketika ada noda. Kaca mobil terkena kotoran burung atau cipratan air? Segera bersihkan dan jangan tunggu sampai kering. Semakin lama didiamkan, noda akan mengeras dan akan semakin sulit dihilangkan. Jadi, langsung ambil lap microfiber Anda dan bersihkan sampai noda hilang seluruhnya, ya.
  4. Jaga agar kaca tidak jamuran. Salah satu penyebab jamur mudah tumbuh adalah kebiasaan membiarkan air hujan kering dengan sendirinya di permukaan kaca. Jamur kaca ini jika sudah tumbuh akan sulit sekali dihilangkan dan bisa membahaykan karena bisa mengganggu penglihatan Anda saat mengemudi. Oleh sebab itu, setelah mobil terkena hujan, langsung keringkan kaca dengan mengelapnya menggunakan lap kering. Dengan begitu, jamur kaca pun tak akan tumbuh di sana.

 

Cara memilih pembersih kaca khusus mobil

Pilih berdasarkan jenis kotoran yang ingin Anda hilangkan.

Meskipun sepintas kaca mobil Anda terlihat bersih, jenis kotoran yang menempel di kaca bagian dalam dan luar mobil tidaklah sama. Untuk itu, pilihlah pembersih berdasarkan bagian mana yang ingin dibersihkan dan jenis kotoran yang ingin Anda hilangkan.

  • Gunakan alkohol untuk menghilangkan kotoran, debu, dan noda rokok.

Untuk menghilangkan kotoran ringan, kami merekomendasikan produk berbahan alkohol. Salah satu kelebihan alkohol sebagai pembersih adalah dapat membersihkan noda secara merata dan tidak meninggalkan bekas gores saat dibersihkan. Tipe ini adalah pilihan terbaik untuk menghilangkan noda dan kotoran jenis bercak air di bagian dalam dan luar kaca mobil.

Selain itu, alkohol sangat efektif untuk menghilangkan kotoran seperti debu dan minyak, serta noda bekas rokok. Karena sifatnya yang cepat kering, kotoran jadi tidak mudah tertinggal di kaca. Alkohol juga dapat menghindari bercak putih saat pembersihan dan membuat kaca terlihat lebih jelas setiap saat.

 

  • Untuk membersihkan noda oli dan bercak air, pakailah cairan pelarut dan detergen. 

Gunakanlah cairan pembersih yang dapat larut dalam minyak dan surfaktan. Bahan pembersih ini tentunya juga efektif membersihkan kotoran padat di kaca mobil. Tidak seperti jenis pembersih yang hanya memberikan efek bersih sementara, jenis minyak dan kotoran bisa dihilangkan dengan bantuan dari bahan ini. Anda dapat membersihkan langsung dari permukaan kaca. Kami sangat merekomendasikan produk yang dapat langsung mengangkat minyak dalam sekali usap.

  • Untuk kotoran yang membandel, pilih jenis kompon. 

Jika Anda ingin menghilangkan kotoran membandel seperti noda minyak atau kotoran burung, pilihlah produk berbahan kompon. Kompon adalah senyawa kimia yang memiliki sifat mengelupas atau mengikis, serta berguna untuk menghilangkan kotoran saat digosokkan ke kaca.

Kompon terbilang efektif untuk jenis kotoran yang tidak dapat dihilangkan dengan pembersih kaca lainnya, seperti bercak air yang sudah menahun atau lapisan kaca (glass coating) yang sudah lama. Namun, jika pembersihan dilakukan terlalu sering, hal itu dapat berisiko meninggalkan bekas gores di permukaan kaca. Jadi bersihkanlah kaca sesuai petunjuk penggunaan.

 

Pilih pembersih yang sesuai dengan kebutuhan

Terdapat dua jenis pembersih kaca yaitu cairan dan lembaran. Kami akan mengenalkan kelebihan dari masing-masing jenis ini. Anda dapat memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan

  • Jenis lembaran: praktis dan mudah digunakan kapan saja

Jenis lembaran merupakan jenis yang paling mudah digunakan. Karena pembersihnya sudah meresap di dalam lembaran, Anda tinggal membuka bungkusnya, lalu langsung usapkan ke kaca mobil untuk menghilangkan kotoran yang ada.

Beberapa produk dapat juga digunakan untuk membersihkan dashboard. Namun, pembersih jenis lembaran tidak dapat membersihkan kotoran membandel. Jenis ini hanya cocok untuk membersihkan kotoran-kotoran ringan di dalam mobil.

Sayangnya, jenis pembersih ini masih sulit ditemukan di toko online di Indonesia. Anda mungkin bisa mencarinya di toko-toko barang impor atau sejenisnya

  • Jenis cairan: cocok untuk Anda yang ingin langsung menghilangkan kotoran

Jika Anda ingin membersihkan kaca dengan baik, pilihlah pembersih jenis cairan. Pembersih jenis cairan, baik yang berbentuk botol maupun spray, akan bersentuhan langsung dengan kotoran sehingga mampu membersihkan lebih maksimal. Anda memang membutuhkan kain, spons, atau sarung tangan untuk mengelap kaca dengan pembersih ini. Namun, pembersih jenis cairan jauh lebih efektif menghilangkan kotoran membandel dibandingkan jenis lembaran.

Di samping itu, tipe ini biasa dijual dalam bentuk botol penyemprot sekaligus dengan spons. Produk semacam ini sangat berguna untuk Anda yang ingin membersihkan kotoran tanpa mengotori tangan.

  • Pilih produk yang mengandung bahan coating untuk mencegah kotoran menempel

Apabila kotoran atau noda di permukaan kaca bisa dicegah, perawatan akan menjadi lebih mudah. Untuk menjaga kaca mobil tetap bersih dalam waktu lama setelah dibersihkan, pilihlah produk yang mengandung bahan coating.

Selain itu, untuk menghindari bercak air hujan, kami rekomendasikan pembersih yang mengandung bahan resin dan silikon. Kemudian, untuk menghindari kotoran membandel seperti kerak atau jamur, carilah pembersih yang mengandung bahan glycol ether. Kandungan tersebut mampu mencegah kotoran menempel di kaca sehingga lebih mudah dibersihkan.

Baca Juga : cara merawat Kabin Mobil dari Virus, Kuman dan Bakteri

5 Rekomendasi pembersih kaca untuk mobil

Berikut ini adalah beberapa pembersih kaca terbaik yang kami rekomendasikan. Silakan memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

5.Kit Clear Auto Glass Cleaner Pump

10 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) | mybest

Rp 27.900,00

Cegah kaca mobil dari jamur dengan pembersih ekonomis ini!

Andalkan produk dari KIT ini untuk membersihkan debu, kotoran, dan noda minyak yang melekat di kaca mobil Anda! Cairannya diformulasikan bebas amonia sehingga aman dan efektif untuk mencegah tumbuhnya jamur di kaca mobil. Harganya yang terjangkau sangat cocok bagi Anda yang menginginkan produk berkualitas tinggi dengan harga ekonomis.

4.Primo Glass Polish

Jual Primo Glass Polish 320 ml Jamur Kaca - Jakarta Selatan - Graha Sakti |  Tokopedia

Rp 49.500,00

Pembersih kaca mobil dengan wangi menyegarkan

Pembersih kaca yang satu ini berfungsi menghilangkan kerak air hujan yang membandel termasuk jamur. Mengandung scrub micro-abrasive halus dan tanpa solvent, produk ini tidak menimbulkan bau yang kuat, tetapi justru harum menyegarkan. Jika Anda tidak menyukai pembersih dengan wangi menyengat, Anda bisa mencoba produk ini.

3. Waxco Rain Act

WAXCO Rain Act | iLOTTE

Rp 41.000,00

Miliki kaca mobil bersih dan jernih pada setiap cuaca

Anda tak perlu khawatir lagi akan noda hujan ataupun debu yang menempel karena cuaca panas. Karena pembersih ini juga mengandung bahan coating, kaca mobil Anda akan tetap terlihat jernih. Dengan demikian, Anda akan merasa aman berkendara dalam cuaca apa pun.

 2. Glassmear Car Glass Cleaner

Jual Glassmear Anti Jamur Pembersih Kaca Mobil [150 Ml] Murah Agustus 2020  | Blibli.com

Rp 36.000,00

Hilangkan jamur membandel dengan sekali oles

Glassmear Car Glass Cleaner mampu mengatasi noda atau jamur membandel yang bahkan sulit dibersihkan dengan pembersih mobil apa pun. Dilengkapi dengan aplikator spons di dalamnya, Anda dapat mengaplikasikannya semudah menyemir sepatu. Alhasil, produk ini sangat aman dan mudah digunakan oleh siapa pun.

1.   Meguiars Glass Science Rain Clear Glass Cleaner & Repellent by Unelco

Jual GLASS SCIENCE GLASS CLEANER & REPELLENT RAIN 650 ML di lapak  TokoAlatRumah frontliners

Rp 110.000,00

Perawatan harian untuk kaca mobil Anda

Bagi Anda yang aktif menggunakan mobil setiap hari, bersihkan kaca mobil Anda dengan produk ini. Cairan ini berguna untuk memproteksi kaca mobil dari korosi hujan asam hingga noda akibat serangga. Selain digunakan untuk permukaan kaca, cairan ini juga dapat membersihkan permukaan plastik seperti dashboard.

 

Demikianlah cara merawat kaca mobil anda, Semoga artikel kami bisa bermanfaat!

Terimakasih sudah membaca^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *