KULINERAN NING CIREBON JEH!

Jalan-jalan ke Cirebon memang tidak lengkap jika Kamu hanya menjajaki ragam pesona alamnya yang indah dan mempesona. Kota yang dikenal sebagai penghasil udang ini punya banyak makanan enak. Jika Kamu hanya menjajaki alamnya saja, bisa dibilang tidaklah cukup, sebab Kamu juga perlu menjajal ragam wisata kuliner yang pastinya sangat lezat hingga menggugah selera untuk terus makan lagi dan lagi. Jadi kebayang, kan betapa lezatnya olahan makanan khas kota Cirebon yang menjadi incaran wisatawan?
Untuk Kamu yang sedang bingung ingin makan apa selama liburan di Cirebon, jangan khawatir, sebab banyak sekali menu kuliner kota Cirebon yang akan menggoyang lidah Kamu hingga ketagihan. Wisata kuliner kota Cirebon tak kalah menyenangkan jika dibanding dengan kota pariwisata lainnya. Ada banyak pilihan makanan yang menggoda lidah. Selain rasanya yang enak, harganya juga bisa dibilang terjangkau.
Berikut ini beberapa referensi yang bisa Kamu jadikan sebagai panduan untuk berburu kuliner di kota Cirebon.

Nasi Jamblang

8 Makanan Khas Cirebon yang Nagih Banget! | tiket.com

Sega Jamblang adalah makanan khas dari Cirebon, Jawa Barat. Nama Jamblang berasal dari nama daerah di sebelah barat Kabupaten Cirebon tempat asal pedagang makanan tersebut. Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun jati sebagai bungkus nasi. Penyajian makanannya pun bersifat prasmanan.

Menu yang tersedia biasanya antara lain sambal goreng tahu sayur, paru-paru (pusu), semur hati atau daging, perkedel, sate kentang, telur dadar/telur goreng, telur masak sambal goreng, semur ikan, ikan asintahu, tempe. Namun salah satu menu yang menjadi ikon dari sega jamblang adalah balakutak hideung yaitu cumi-cumi atau sotong berkuah kental yang dimasak bersama dengan tintanya sehingga berwarna hitam seperti rawon.

Nasi Lengko

Resep Nasi Lengko Khas Cirebon | merdeka.com

Sega lengko adalah makanan khas masyarakat pantai utara. Makanan khas yang sederhana ini sarat akan protein dan karbohidrat serta rendah kalori karena bahan-bahan yang digunakan adalah 100% non-hewani. Bahan-bahannya antara lain: nasi putih (panas-panas lebih baik), tempe goreng, tahu goreng, mentimun (mentah segar, dicacah), tauge (direbus),mdaun kucai (dipotong kecil-kecil), bawang goreng, bumbu kacang (seperti bumbu rujak, pedas atau tidak, tergantung selera), dan kecap manis. Dan, umumnya kecap manis yang dipergunakan adalah kecap manis encer, bukan yang kental. Disiramkan ke atas semua bahan.

Empal Gentong

Lezatnya Empal Gentong Khas Cirebon untuk Makan Malam : Okezone Lifestyle

Empal gentong adalah makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai dan dimasak menggunakan kayu bakar di dalam gentong. Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. Empal gentong berasal dari Kabupaten Cirebon.

Untuk menemukan penjual empal gentong di Cirebon cukuplah mudah. Beberapa rumah makan yang terkenal akan sajian empal gentongnya misalnya adalah Rumah Makan Empal Gentong H.Apud. Rumah makan ini memiliki 3 cabang yang tersebar di Jl. Tuparev, Jalan Juanda, dan Kawasan Batik Trusmi. Bagi Anda yang menginap di BATIQA Hotel Cirebon bisa mencapai rumah makan H. Apud yang berlokasi di Jl. Tuparev dalam waktu kurang dari 10 menit. Cukup dekat, bukan?

Rumah makan empal gentong H.Apud memiliki lokasi indoor. Berkat penempatan kipas angin di sejumlah titik, hawa panas di dalam ruangan menjadi lenyap. Tersedia banyak kursi untuk menampung pengunjung.

Satu porsi empal gentong dihargai Rp 25.000-Rp 30.000. Apabila Anda tidak bisa mengonsumsi makanan berkuah santan, alternatif makanan lain yang bisa dicoba disana adalah empal asem yang diracik tanpa

Bubur Toha

Review Bubur Toha, Cirebon - PergiDulu.com

Bubur Toha adalah sebuah warung kecil yang menyajikan beberapa jenis bubur panas, mulai dari bubur ayam, bubur ketan hitam, bubur kacang hijau dan bisa juga kombinasi bubur ketan hitam dan kacang hijau.  Bubur Moh. Toha ini sebenarnya dikenal legendaris soal rasa dan harganya, mereka mematok harga murah yang tidak pernah berubah untuk semua menunya, mungkin kamu terkejut karena harganya yang terlampau murah untuk ukuran kelezatan bubur dan menu lainnya. Untuk bubur ayamnya sendiri dihargai Rp6.000, sedangkan bubur ketan hitam dan kacang hijau Rp3.000, dan telur setengah matang seharga Rp3.000. Kemudian karena pada dasarnya Bubur Moh. Toha ini adalah warung kaki lima, kamu juga bisa memesan Indomie rebus atau goreng. Bubur Toha ini buka 24 jam. Jadi kalau kamu lapar di jam-jam yang tidak normal, bisa langsung melipir ke sini.

Mie Koclok

Resep Mie Koclok Cirebon 🍜 oleh Rusma Megasari - Cookpad

Mie koclok sendiri merupakan kepanjangan dari “Mie Khasnya Orang Cirebon yang Lebih Okay” yang diciptakan oleh Pak Edy, seorang pemilik warung Mie koclok pada tahun 1945. Mie koclok terbuat dari mie basah yang disiram dengan kuah kaldu ayam kental dan sejumlah bumbu serta dilengkapi dengan irisan daun bawang, kembang kol, tauge, telur rebus, suwiran ayam dan taburan bawang goring.

Tahu Gejrot

Resep Tahu Gejrot Khas Cirebon dan Kuah Gula Merah.

Tahu Gejrot dalah makanan khas Cirebon, yang terbuat dari tahu dan bumbu lainnya. Tahu gejrot terdiri dari tahu yang sudah digoreng kemudian dipotong agak kecil lalu dimakan dengan kuah yang bumbunya cabai, bawang putih, bawang merah, gula. Biasanya disajikan di layah kecil. Tahu gejrot juga merupakan jajanan khas daerah Cirebon yang digemari di kalangan anak-anak dan orang dewasa, karena sensasi rasanya yang khas. Tahu gejrot ialah tahu yang dipotong kecil-kecil kemudian ditaruh di atas piring kecil dan tahu yang digunakan ialah tahu Sumedang. Cara memakannya pun unik, yakni dengan satu lidi kecil kemudian tusuk bagian tahu yang telah dipotong-potong itu.

Es durian

Manis Legit! Es Durian Selalu di Hati dengan Sirup Pisang Susu Khas Cirebon - kumparan.com

Es durian ini berbeda karena menggunakan tambahan sirup pisang susu khas Cirebon. Sirup Cap Kelapa Muda namanya. Ya, sirup ini asalnya dari Cirebon, warnanya merah dengan harum khas pisang dan manis legit di lidah.

Untuk bisa mencoba es khas Cirebon ini cobalah mengunjungi Ice Durian Selalu di Hati. Tumpukan durian utuh yang cukup besar menutupi bagian depan dari gerobak esnya. Durian tersebut berasal dari Wonosobo. Harganya beragam tergantung ukurannya. Bisa dimakan begitu saja atau dengan es puter. Untuk menu esnya ada dua ukuran; standar dan spesial. Kalau standar harga per porsinya Rp 15 ribu, dapat durian satu sampai dua biji. Kalau yang spesial Rp 25 ribu bisa dapat sampai tiga biji.

Nasi Ati Ayam santa maria

Harga Menu Ayam Goreng Santa Maria Cirebon, Buka Jam Berapa Jalan Sisingamangaraja Panjunan | JejakPiknik.com

Ada lagi kuliner di Cirebon yang keliatan nya biasa biasa aja, tapi ternyata cukup menggoda selera makan, dan juga banyak yang suka.
Salah satu nya yaitu: Ayam Goreng Santa, atau ada yang suka sebut Nasi Ati Santa yang letaknya persis di depan sekolahan Santa Maria Cirebon. Jualan nya pake gerobak dorong sederhana.
Walaupun pake gerobak dorong sederhana, banyak yang suka loh. Rame terus.
Jualan di kala pagi, menjelang anak anak masuk sekolah, jadi orang tuanya bisa mampir untuk coba makan pagi disini.

Dengan berbahan dasar hidangan dari ayam, disulap jadi makanan yang cukup disukai masyarakat sekitar. Ada potongan daging ayamnya, atau juga aneka macam sate, sate jeroan ayam yang goreng, seperti sate usus, sate kulit, sate ati.
Sate jeroan gorengnya dijual seharga Rp. 1500,- /tusuk.
Mau makan di tempat selagi masih panas juga bisa, disediakan juga nasi putih untuk menemani makan pagi nya.
Nasi putihnya, dijual seharga Rp. 1000,- / bungkus.
Nasi nya gak banyak sih, sekepal tangan orang dewasa. hehe namanya juga murah meriah 1000 perak aja. Kalau kurang, tinggal tambah lagi.
Dengan ditaburi bumbu seperti serundeng dari kelapa di atas nasi nya, dan sambel di samping nasi nya, menikmati aneka sate jeroan ini tentunya jadi tambah nikmat.
Untuk rasa, selain gurih, ternyata cukup asin juga

Untuk yang mampir ke Cirebon, boleh juga mampir kesini.
Bisa jadi pilihan Kuliner Cirebon di kala pagi hari.

Mie get wahidin

Sejarah Mie Get Cirebon Halaman all - Kompasiana.com

Salah satu kuliner yang begitu populer di Cirebon yakni Mie Get. Warung yang menyajikan mie instan goreng dengan cara direbus ini begitu dicari banyak orang. Sebelum dinamakan Mie Get, warung yang telah berdiri sejak tahun 1995 ini dahulu bernama Mie Lia karena berjualan di depan gedung les bahasa Inggris bernama LIA.

Seiring berjalannya waktu tempat les tersebut pindah dan diganti dengan les bahasa Inggris lainnya bernama GET. Sejak saat itu, banyak dari pelanggan yang menyebutnya Mie Get dan dikenal secara luas mulai dari tahun 2000-an hingga saat ini.

Rata-rata dalam sehari warung mampu menghabiskan 12 kardus mie instan di hari biasa atau setara dengan 480 porsi. Berbeda di akhir pekan karena warung mampu menghabiskan hingga 17 kardus atau setara dengan 680 porsi per harinya.

Dalam satu mangkuk terdiri dari potongan sawi, cabai, telur, dan sedikit kuah. Walaupun yang digunakan ialah mie goreng, namun mereka memasaknya dengan cara direbus sehingga terdapat sedikit kuah kental di tiap porsi yang tersaji.

Dahulu, sempat berjualan di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo, namun karena lokasi tersebut saat ini menjadi Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL), Teman Traveler dapat menemukannya di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo, Pekiringan, Kesambi. Untuk satu porsinya dikenai harga mulai dari Rp12 ribuan saja. Warung buka setiap hari kecuali Minggu mulai dari jam 14.00 hingga pukul 23.00 malam.

Susu Murni Lawanggada

Susu Murni Lawanggada, Minuman Legendaris Kota Cirebon - kumparan.com

Selain enak, Susu murni juga punya banyak manfaat seperti untuk memperkuat tulang dan gigi, mendukung pembentukan massa otot, memberikan energi lebih untuk tubuh agar tetap fit, dan masih banyak lagi.

Kali ini kita akan memberikan informasi seputar Susu Murni atau disingkat “Sumur” yang legendaris di Cirebon. Susu murnk ini berna Susu Murni Lawanggada yang terletak di Jalan Lawanggada Nomor 51 Pulasaren, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Masyarakat Cirebon pasti sudah tidak asing dengan susu sapi Lawanggada , bahkan hampir sebagian besar masyarakat Cirebon tahu tentang susu murni legendaris ini. Sekarang, usaha minuman susu murni diurus oleh generasi ketiga dari sang pendiri, Alm. Haruman Kosim.

Usaha minuman ini awal dikelola sejak tahun 1960’an oleh alm. Haruman Kosim, yang sebelumnya bekerja di sebuah pabrik. Ia lalu melihat peluang usaha jadi agen susu sapi yang saat itu belum ada di Kota Cirebon.

Minuman susu sapi murni ini dijual dalam 3 variasi rasa loh, ada rasa coklat, vanilla dan strawberry, yang dikemas dalam botol kaca yang disajikan dalam keadaan dingin karena cocok banget diminum saat cuaca terik, seperti cuaca khas Kota Cirebon yang terkenal cukup panas. Minuman ini dijual dengan harga terjangkau, yakni Rp.6.000,00 per botol.

Usaha Lawanggada ini juga menyediakan susu kefir dan yoghurt yang sudah diperkenalkan sehak tahun 1970. Selain itu juga menyediakan susu kambing dan susu kedelai. Disini juga menyediakan susu murni yang belum direbus, masih bener-bener fresh.

Meskipun saat ini sudah ada banyak yang menjual produk yang sejenis ini di Kota Cirebon, namun susu sapi Lawanggada tetap disukai karena rasa yang khas dan mutu tetap dijaga oleh penerus usaha susu sapi murni tersebut.

Dan bagi yang enggak buru-buru bisa menikmati susu sapi Lawanggada di tempat itu sembari menyicipi kudapan yang disediakan pemilik usaha. Namun, bila Anda yang sibuk dan ingin minumnya dibawa pulang, pemiliknya siap mengemas pesanan Anda.

Docang

5 Rekomendasi Tempat Makan Docang, Kuliner Tradisional Asli Cirebon

Docang adalah makanan tradisional yang berasal dari Cirebon dan sekitarnya yang terbuat dari campuran potongan lontong, parutan kelapa, daun singkong, daun kucai, toge, dan kerupuk. Bahan-bahan tadi kemudian disiram dengan kuah dage atau oncom. Secara harfiah, docang berasal dari bahasa Cirebon singkatan dari dua kata yaitu: bodo dan kacang (tauge). Docang merupakan perpaduan dari lontong, daun singkong, toge, dan kerupuk, yang berkolaborasi sayur oncom yang terbuat dari ampas tahu dicampur sedikit bungkil kacang tanah (sisa perasan dijadikan minyak) yang disebut gempa (yang dihancurkan) serta dikombinasikan dengan parutan kelapa muda.

Ragam kuliner Cirebon memang sangat menggoda dan pastinya patut untuk dicoba sebagai rekomendasi bagi Kamu yang ingin mencicipi kuliner yang terkenal di Cirebon yang rasanya sangat enak, dengan harga yang cenderung terjangkau, Kamu akan sangat kenyang dan pastinya juga tidak menguras kantong.

Rental Mobil Di Cirebon

Demikian ulasan singkat mengenai wisata kuliner di Cirebon. Buka dari pagi hingga malam. Bahkan ada yang dua puluh empat jam. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencicipi semuanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *