Beberapa Wisata Magelang, dibuka lagi pada masa pandemi COVID-19

Beberapa Wisata Magelang, Jawa Tengah telah dibuka kembali pada masa pandemi COVID-19. Obyek wisata ini menerapkan protokol kesehatan ketat.

Sektor pariwisata membutuhkan waktu lama untuk sembuh atau recovery dari dampak pandemi Corona yang terjadi sejak Maret 2020. Sampai sekarang jumlah wisatawan mancanegara atau turis yang berkunjung ke Indonesia masih rendah. Salah satu Kota yang memiliki banyak Wisatawan adalah Kabupaten Magelang.

Kabupaten Magelang telah membuka kembali beberapa tempat wisata di era adaptasi kebiasaan baru. Terhitung hari Kamis (1/10/2020). tempat wisata yang telah dibuka kembali ini merupakan objek wisata yang betul-betul siap. Sebelum beroperasi, pengelola harus melakukan uji coba atau simulasi penerimaan pengunjung. Dalam hal ini Pengelola harus berhati-hati, dan diuji dengan matang, karena ditempat wisata tidak hanya pengelola dan pelaku, tetapi ada pengunjung.

Sebelum dibuka kembali pengelola harus menyiapkan standar prosedur operasional (SOP) dan ada deklarasi terkait dengan kesanggupan pengelola menerapkan protokol kesehatan. Walaupun sudah memiliki SOP dan Protokol Kesehatan yang Ketat dan Benar, pengelola objek wisata tetap harus berhati-hati, SOP yang sudah dibuat harus betul-betul dilakukan, jangan sampai muncul klaster baru COVID-19 dari objek wisata tersebut. Lalu, Wisata Magelang mana yang sudah dibuka?

  1. Wisata Magelang Gardu Pandang Silancur

Golden Sunrise, salah satu anugeraha lam terindah di gardu pandang silancur magelang
Photo by @_ren.dhi

Tertarik menikmati lanskap Magelang dari ketinggian? coba datang di Gardu Pandang Silancur. Tapi jika kamu ingin mendapatkan kesan terbaik, coba datang pada pagi hari, momen ketika matahari keluar dari peraduannya dan perbukitan masih ditutupi kabut tipis. Nuansanya keren banget!

HTM Wisata Gardu Pandang Silancur 2020 - Wisatainfo
Photo by wisatainfo

Disaat Pandemi ini pengunjung yang dateng hanya di perbolehkan 50 persen, namun di awalan buka, kami tetap ambil 30 persen atau sekitar 500 – 1000 orang perhari, sambil melihat situasi dan evaluasi dari gugus tugas Covid-19. Untuk alur pengunjung juga diatur sedemikian rupa. Setiap dua jam sekali maka kunjungan akan di stop. Bila pengunjung didalam sudah keluar, maka yang berada di luar diperbolehkan masuk.

  1. Wisata Magelang Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu, Inilah Spot Sunrise Terbaik di Magelang
Photo by @yunita_ng via Instagram

 

Karena film Ada Apa Dengan Cinta 2 yang membuat Punthuk Setumbu begitu fenomenal dan salah satu must visit destinasi wisata di Magelang. Mencontoh Rangga dan Cinta, momen terbaik mengunjungi spot ini adalah jelang matahari terbit. Namun, saat matahari telah keluar dari peraduannya, Punthuk Setumbu kini tetap memikat, kok!

Untuk mencapai Punthuk Setumbu sangatlah mudah, dari kawasan Candi Borobudur, ada papan petunjuk hingga sampai di lokasi. Tiket masuk menuju Punthuk Setumbu dibanderol dengan harga Rp 20.000 untuk wisatawan nusantara, sedangkan wisatawan mancanegara dikenakan Rp 50.000. Kemudian, tarif parkir sepeda motor Rp 3.000 dan mobil Rp 10.000. jam buka sama mulai pukul 04.00 sampai 17.00 WIB. Kemudian untuk pengunjung sunrise dibatasi sampai 75 orang.

  1. Bukit Rhema

Gereja Ayam Bukit Rhema Magelang by IG @didikfakyudi - LiburMulu.Com
photo by IG @didikfakyudi

 

Bukit Rhema termasuk salah satu destinasi wisata di Magelang yang ngehits karena film AADC2. Momen Nicholas Saputra a.k.a Rangga membawa Dian Sastro alias Cinta ke puncak Gereja Ayam untuk menyaksikan keajaiban alam di sekitar Candi Borobudur pada pagi hari adalah kunci penting mengapa spot ini menjadi salah satu destinasi wisata ngehits di Magelang sekarang ini. Kamu sudah ke sini?

Fakta Tentang Gereja Aya di Yogyakarta- RoomMe
Photo by blog.roomme.id

Dalam situasi seperti ini protokol Kesehatan bagi pengunjung Gereja Ayam yakni, wajib memakai masker, suhu maksimal 37,5 derajat celcius, dianjurkan beli tiket online dan cashless jika di lokasi.  Lalu, pengunjung diantarkan menggunakan Jeep ke lokasi dengan jumlah maksimal empat orang dalam satu mobil, wajib cuci tangan sebelum masuk ke gedung. Saat masuk, ada pembatasan jarak tempat duduk baik di dalam gedung atau di tempat makan.

  1. Melihat 4 gunung sekaligus? Ya Punthuk Kendil tempatnya

Punthuk Kendil Kamal, View Menawan dari Ketinggian - JadwalTravel.com
photo by ig : jogjajateng

Ya, kamu akan disuguhi pemandangan empat gunung di Jawa Tengah yang eksotis, mulai dari Merapi, Merbabu, Lawu dan Sindoro. Selain itu, destinasi wisata di Magelang ini juga menjadi spot paling asyik untuk menikmati sunrise. Wow! Karna tempatnya belum terlalu ramai maka Punthuk Kendil ini tetep buka, namun untuk kesana kita diwjibkan memakai Masker dan membawa perlengkapan kebersihan Sendiri.

  1. Wisata Magelang Gunung Telomoyo

Photo by ayotraveling.com

Tidak ingin repot mendaki gunung, kamu bisa mencoba hiking ke Gunung Telomoyo. Trek menuju puncak sangat mulus, bahkan bisa didaki dengan menggunakan motor kamu. Bonus yang didapat setelah di puncak, pemandangan istimewa yang tiada duanya. Subhanallah!

Saat ini Kapasitas pengunjung dibatasi 300 orang per paket Untuk mengantisipasi terjadinya keramaian sepeda motor di Gunung Telomoyo, Wardoyo menjelaskan pihaknya melakukan pembatasan jumlah pengunjung yaitu hanya 300 orang per paketnya. Tak hanya itu, pengelola juga akan mengatur sistem loket dengan membuat pintu cek poin setelah loket atau setelah parkiran. Rencananya juga akan diberlakukan e-ticketing.

  1. Taman Ramadanu

Seperti di Belanda, Intip Keindahan Taman Ramadanu Magelang Halaman all - Kompas.com
photo by travel.kompas.com

Kincir angin, bunga yang berwarna-warni, udara yang sejuk dan semerbak mewangi bunga, kesannya seperti berada di Belanda, ya! Tapi kamu bisa mendapatkan sensasi tersebut dengan hanya mengunjungi Taman Ramadanu. Karena banyak spot yang Instagrammable, penyuka selfie wajib datang ke sini! Untuk saat ini Taman buka dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam, dan di haruskan memakai masker, boleh lepas saat Foto, selai itu disarankan membawa perlengkapan Kesehatan sendiri.

  1. Air Terjun Kedung Kayang

air terjun kedung kayang
Photo by @wisatasemarang

Tidak ada kata lain, air terjun Kedung Kayang menyuguhkan view yang cantik dan mengesankan. Nuansa alami yang begitu segar membuat siapapun tidak ingin berada sebentar di tempat ini. Ada juga spot selfie yang pas untuk menambah koleksi di akun Instagram kamu, lho!

Destinasi wisata yang berada di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang ini dibuka dengan menerapkan tujuh prinsip dasar dan protokol kesehatan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Destinasi ini pun buka setiap hari kecuali hari Jumat pada pukul 07.00-16.00 WIB.

Baca juga : Rekomendasi Sewa Mobi Jogja super murah

  1. Junkyard Autopark & Cafe

Paket Wisata Jogja & Tour Custom: Travel Yogyakarta Terbaik 2020 - Junkyard Autopark and Cafe - Taman Wisata Selfie Mobil Antik dan Kuno
Photo by choco_biip

Siapa menyangka barang-barang rongsokan bisa memiliki daya tarik tersendiri? Di Junkyard Autopark & Cafe, kamu akan mendapati banyak rongsokan mobil dan motor, dan segudang onderdilnya, yang disulap menjadi destinasi wisata yang Instagrammable. Banyak spot unik untuk kamu berselfie, sekaligus mengudap camilan dan minuman kesukaan kamu. Tempatnya asyik, lho!
Untuk saat ini Jam buka dari jam 8 pagi sampai jam 7 malam, dan di haruskan memakai masker, boleh lepas saat Foto, selai itu disarankan membawa perlengkapan Kesehatan sendiri.

  1. Punthuk Mongkrong

Punthuk Setumbu | Foto, Lokasi, Rute, Harga Tiket, & Fasilitas
Photo by alodiatour.com

Selain Punthuk Setumbu dan Punthuk Kendil, ada juga Punthuk Mongkrong yang tidak kalah menariknya. Dari titik tertentu, kamu bisa menikmati lanskap dan bentang bumi di Magelang yang bbegitu mengesankan. Jika beruntung, kamu bisa melihat lautan awan kabut di pagi hari yang menutup sebagian dataran rendah di Magelang, yang menghadirkan panorama yang tiada duanya.
Untuk saat ini tempat wisata Magelang Punthuk Mongkrong 24 jam, dan di haruskan memakai masker, boleh lepas saat Foto, selai itu disarankan membawa perlengkapan Kesehatan sendiri.

  1. Keajaiban dan kemegahan Candi Borobudur yang tiada tara

 

Banyak Misteri yang Belum Terkuak, Inilah 8 Fakta Sejarah Candi Borobudur | YuKepo.com
photo by pepnews.com

Tidak ada kata-kata dan kiasan yang bisa menggambarkan Candi Borobudur secara tepat. Untuk bisa menikmati keajaiban, kemegahan dan keistimewaan destinasi wisata di Magelang yang paling ngehits ini, kamu harus datang langsung ke sini. Tapi bila dipersingkat, Candi Borobudur itu luar biasa!

Wisatawan yang ingin melihat lebih dekat Candi Borobudur hanya diperbolehkan sampai plataran candi atau Zona 1, yang dibatasi sebanyak 140 pengunjung per jam

Wisatawan yang akan berkunjung diatur mulai dari tempat kedatangan hingga pintu keluar Kawasan Candi Borobudur dan Ratu Boko. Papan-papan informasi tentang tata cara pencegahan Covid-19 juga terpasang diberbagai sudut kawasan mulai dari penggunaan masker, cuci tangan, melakukan social distancing maupun physical distancing.

Bagi wisatawan dengan suhu di bawah 37,5 diberi stiker warna hijau, kemudian pengunjung dengan suhu di atas 37,5 sampai 37,8 diberi stiker warna kuning. Untuk pengunjung dengan suhu di atas 37,8 akan diberi stiker warna merah.

Itulah beberapa Wisata di Malang yang Sudah buka, inget ya mau traveling harus tetap Safety, harus bisa jaga kesehatan sendiri,  karana hanya kita yang tau gimana kondisi badan kita sendiri.

#keepsafety #newnormal #akb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *