Jika harus dibandingkan, Anda Pilih Jenis Mobil Manual atau Mobil Matic?

Hayo jangan asal pilih ya guys! Sesuaikan semuanya dengan kebutuhan kamu, mulai dari Cara pemakaian, harga, dan keamanan tentunya. Kalau bingung milih mobil jenis Mobil Manual atau Mobil Matic kalian bisa baca artikel di bawah ini^^

mobil matic dan manual

Mobil bertransmisi manual dan automatic (matic) kembali hangat diperbincangkan sekarang ini. Bahkan, sering kali di kaca bagian kaca belakang mobil terdapat sticker yang menerangkan berbagai kelebihan dari dua transmisi tersebut. Tidak jarang, sticker itu juga dijadikan sebagai bahan pamer.

Tulisan seperti real men use three pedals, long live the manuals, classy men use two pedals, dan tulisan kreatif lainnya menghiasi bagian belakang mobil. Hal ini kembali mencuat setelah sempat hilang beberapa waktu lalu. Namun, ketika ingin menggunakan mobil, jangan hanya tergantung dari tulisan di sticker tersebut.

Real Men Use Three Pedals Decal | Stiker mobil, Logo keren, Stiker

Mobil manual dan matic memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Untuk memilih mana yang lebih baik, pertama-tama sesuaikan dengan kebutuhan berkendara. Untuk itu, berikut rangkuman dari kelebihan dan kekurangan dua transmisi tersebut yang mungkin dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Harga Mobil

Hal pertama yang biasanya dilihat oleh masyarakat adalah harga. Mobil bertransmisi matic memang memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan mobil bertransmisi manual, begitu juga dari segi perawatan mobil. Ini dikarenakan harga sparepart, kopling, dan komponen lainnya memang jauh lebih mahal dari pada manual

Sistem pengoperasian transmisi

10 Gejala Kerusakan Transmisi Mobil Bermasalah

Harga mobil matic sesuai dengan kegunaannya. Memiliki harga jual dan perawatan yang lebih mahal tidak membuat mobil ini kehilangan peminat karena sistem pengoperasiannya yang lebih mudah dibandingkan dengan mobil manual.

Terdapat dua pedal, yaitu gas dan rem. Sedangkan manual, ada tiga pedal yang harus Anda injak pada waktunya, yaitu rem, gas, dan kopling. Oleh karena itu, ketika mengendarai mobil transmisi manual, kedua kaki harus aktif mengoperasikan pedal-pedal tersebut, dibandingkan dengan matic yang hanya menggunakan satu kaki saja.

Begitu juga dengan tangan Anda. Kinerja tangan akan lebih banyak ketika mengendarai manual ketimbang matic, karena mengendarai mobil transmisi manual tangan kiri harus selalu aktif dalam memindahkan transmisi, apalagi saat kondisi macet di jalanan menanjak. Kedua tangan dan kaki akan memiliki pekerjaan ekstra.

Namun, walaupun mengendarai mobil transmisi matic terlihat lebih mudah, bukan berarti sebagai pengendara justru meremehkannya. Tidak jarang pengendara yang biasa mengendarai mobil bertransmisi manual akan kagok ketika beralih menggunakan transmisi matic. Jadi, harus tetap fokus saat berkendara ya..

Konsumsi bahan bakar

Perhatikan 3 Faktor Penyebab Bensin Mobil Boros

Untuk hal ini, mobil bertransmisi matic dinilai lebih banyak meminum bahan bakar dibandingkan dengan transmisi manual. Beberapa orang berpendapat, ini disebabkan karena pada transmisi matic mesin akan bekerja lebih berat dibandingkan dengan transmisi manual.nKinerja mesin yang lebih berat ini juga mempengaruhi harga komponen-komponen mobil bertransmisi matic tadi, yang telah disebutkan sebelumnya.

Namun, konsumsi bahan bakar mobil bertransmisi matic bukan berarti tidak bisa diminimalisir. Pada dasarnya, banyak faktor yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar, salah satunya adalah karakter mengemudi.  Jadi, ada baiknya untuk memahami karakter dalam berkendara terlebih dahulu sebelum mengendarai mobil yang dipilih.

Kenyamanan berkendara

Jangan Sembarang, Ini Cara Melalui Turunan Tajam dengan Mobil - Otomotif  Liputan6.com

Jika berbicara tentang kenyamanan, sebetulnya tergantung pada selera setiap pengendara. Orang akan nyaman mengendarai mobil apapun yang sesuai dengan pilihan dan kebutuhannya. Memang, mobil bertransmisi matic menawarkan kemudahan dalam berkendara, tetapi belum tentu semua orang akan merasa nyaman ketika mengendarakannya.

Mobil bertransmisi manual dan matic punya kelebihan dan juga pencintanya sendiri. Ada sebagian orang yang merasa mobil bertransmisi manual dapat membuat mereka lebih nyaman karena alasan-alasan tertentu, seperti hobi, kebiasaan, dan lain-lain. Ada yang memilih Mobil Matik karena lebih mudah dikendarai.

Baca juga : Mau beli mobil? sudah siap biaya servicenya?

Tapi kalau bicara soal keamanan, kira-kira mana yang lebih aman ya ketika dikendarai di jalan?

Mobil bertransmisi Matic dinilai lebih aman apalagi buat pengendara pemula. Karena hanya tinggal menginjak pedal gas dan rem, si pengendara bisa mengurangi kemungkinan kehilangan kontrol di jalan. Seperti diketahui, pada mobil transmisi manual pengendara juga harus memperhatikan pergantian gigi diiringi dengan menginjak koplingnya.

Mobil transmisi Matic juga dinilai lebih mudah digunakan ketika sedang bermanuver. Biasanya, girboks pada Mobil Matic sudah dibekali dengan beragam fitur keamanan sehingga bisa mengurangi risiko kecelakaan. Sementara pada mobil transmisi manual, mungkin saja tuas transmisi tersangkut yang membuat si pengendara kesulitan.

Adanya mode ‘P’ alias ‘Park’ pada tuas transmisi mobil matic juga menjadi keamanan tersendiri. Dengan memposisikan tuas transmisi pada ‘P’ mobil otomatis mengerem dan tak ada kemungkinan berjalan sendiri secara tiba-tiba.

Tapi mobil matik cukup berisiko ketika dibawa ke daerah pegunungan, apalagi si pengendara masih belum mengetahui seluk beluk transmisi otomatis. Jikalau tak menggunakan gigi yang pas saat turunan dan tanjakan bisa berpotensi merusak transmisi itu sendiri.

Saat mengendarai matic, konsentrasi Anda dipusatkan ke bagian setir. Ini juga bisa menjadi bahaya karena si pengendara terlalu santai hingga berpotensi kehilangan fokus berkendara.

Bagi mereka yang doyan berkendara, tentu menganggap mobil transmisi manual lebih mudah untuk dikontrol. Mereka yang sudah mahir menyetir bisa menyesuaikan mobil dengan kondisi jalan. Mobil transmisi manual juga membutuhkan perhatian lebih dibandingkan matik karena pengendara harus fokus pada transmisi, kopling, gas, dan juga rem. Hal itu tentu baik karena kesempatan pengendara untuk lengah lebih sedikit.

Mengendarai mobil transmisi manual sama juga artinya dengan mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Buat yang sudah mahir tentu bukan masalah berarti, namun bagi yang belum ahli pastinya menjadi tantangan tersendiri.

Agak sulit untuk memarkir mobil transmisi manual di jalanan yang permukaannya miring. Tak seperti mobil transmisi matic yang tuasnya tinggal dipindahkan ke ‘P’ maka posisi roda akan terkunci. Pada mobil manual agar mobil tak berjalan sendiri ketika diparkir di jalanan miring maka gigi harus dipindahkan ke posisi mundur atau 1 sembari menarik rem tangan.

Jadi itulah beberapa perbedaan yang paling mendasar tentang Mobil transmisi Manual dan Matic.. Semoga membantu^^

Jadi pakai mobil jenis apapun harus tetep hati-hati ya! Jika Anda ingin menggunakan Mobil Jenis Manual ataupun Matic Kalian bisa denga mudah menggunakan dengan cara Sewa Mobil di Naba Rent Car guys !

Naba Rent Car menyediakan Mobil jenis apapun, dan dengan transmisi manual ataupun matic. Naba Rent Car memiliki berbagi macam jenis mobil tahun terbaru, terdapat layanan Rental Mobil Harian Bulanan tahunan, Drop off Drop in Bandara/Stasiun, City Tour, Layanan Operasional, Pengiriman barang dll.

Jadi bagi Anda yang butuh mobil untuk liburan, perjalanan dinas, bisnis atau hal lainnya bisa hubungi kami di :
0811 220 2121
0877 2917 7277
0821 2794 4944

Whatsapp : Klik link berikut

Email : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *