Begini Cara Aman Berkendara Di Malam Hari Agar Terhindar dari Begal

Penerapan PSBB membuat jalanan yang biasa ramai menjadi sepi, terlebih ketika malam hari, kondisi ini dimanfaatkan oleh oknum- oknum jahat yang mencari keuntungan dengan berbuat kriminalitas seperti Begal. Dengan kondisi jalan yang sepi membuat ulah oknum yang tak bertanggung jawab tersebut semakin leluasa menjalankan aksinya.

Saat PSBB berlangsung menurut data Kepolisian, secara nasional, Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia mencatat ada kenaikan kasus kriminalitas sebesar 11,80 persen. Dengan angka kriminalitas. Ini artinya tindak kejahatan seperti begal pun mengalami peningkatan. Saatnya kita harus sangat waspada guna mencegah menjadi korban dari aksi kejahatan tersebut.

 

Baca Juga : Efek Diberlakukannya PSBB Bagi Masyarakat

 

Dilansir dari kompas, menurut Training Director Safety Defensive Consultant (SDCI) Sony Susmana, menyarankan, untuk motor apabila terpaksa berkendara pada malam hari, usahakan tidak sendirian.

“Paling enggak riding bersama teman. Bukan diboncengin ya, tapi ada dua atau tiga motor yang jalan bersamaan. Intinya tentukan jadwal berangkat dan jangan ambil risiko,”. Ujarnya.

Rencanakan juga rute yang akan dilewati, hindari jalan yang gelap dan sepi. Pastikan juga kondisi kendaraan dalam keadaan yang baik, agar tidak berhenti mendadak saat perjalanan. Adapun untuk mobil meski relatif lebih aman karena berada di kabin, ada hal yang sebaiknya tidak dilakukan, yaitu menyalakan lampu kabin sehingga pengemudi dan atau penumpang terlihat dari luar.

“Bila dinyalakan semua yang di dalam kabin akan terlihat dari luar, sehingga dapat mengundang kejahatan. Hal ini juga berlaku bagi lebih baik tidak menggunakan handphone di malam hari di dalam mobil, karena orang di luar dapat melihat situasi dalam mobil,” ujar Sony.

Di sisi lain, jika mengetahui bahwa kejahatan jalanan sering terjadi pada malam hari, maka tindakan pencegahan yang utama ialah tidak berkendara atau keluar saat malam hari. “Atau sebelum buka puasa sudah rencana untuk pulang. Kalaupun harus buka di luar, segera pulang, karena kondisinya semakin malam makin rawan,” katanya.

 

PSBB sendiri mulai diberlakukan tanggal 6 Mei 2020 silam untuk wilayah Jawa Barat. Dengan diberlakukan PSBB banyak terjadi kriminalitas salah satunya begal. Untuk itu, alangkah baiknya kita mengikuti tips di atas guna terhindar dari tindak kriminalitas yang meresahkan masyarakat.

Usahakan selalu aman saat berkendara, jangan sampai menjadi korban begal, selalu perhatikan sekitar, jika ada yang mencurigakan segera menjauh dari lokasi tersebut dan mencari lokasi yang lebih aman.

 

Sumber: Berbagai Sumber

Image By: freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *