Mitos dan Fakta Unik Seputar Isi Bahan Bakar Minyak (BBM)

Saat ini masih banyak mitos mengenai cara mengisi bahan bakar minyak (BBM) yang simpang siur di kalangan masyarakat. Beberapa mitos ini di percayai bisa lebih menguntungkan. Namun, apakah cara-cara tersebut dibenarkan secara fakta? Yuk kita ulas beberapa mitos dan fakta seputar isi BBM.

Menggoyang-goyangkan Mobil

Simpang siur yang sering terdengar adalah menggoyang-goyangkan mobil pada saat mengisi BBM diharapkan setiap celah yang kosong dalam tangki akan terisi oleh BBM, sehingga volume udara dari dalam akan ditekan keluar. Justru kebiasaan menggoyang kendaraan tidak dianjurkan karena ujung nozle terbuat dari metal sehingga rawan adanya gesekan yang bisa menyebabkan adanya percikan api.

Mengisi BBM Tak Sampai Penuh

Katanya membiarkan seperempat bagian dari tangki BBM dalam kondisi kosong dipercaya bisa menghemat BBM dapat mengurangi penguapan. Hal ini mitos karena mobil zaman sekarang sudah dilengkapi dengan vapor recovery system, yang berfungsi sebagai penahan penguapan meskipun tangki BBM terisi penuh.

Posisi Gigi Netral

Mitosnya saat mengisi bensin posisi gigi perseneling harus dalam kondisi netral karena dalam posisi netral tidak ada injeksi BBM menuju mesin, dan BBM pun bisa dihemat lebih banyak. Nyatanya posisi gigi netral pada saat isi BBM tidak ada hubungannya sama sekali karema mobil zaman sekarang sudah dilengkapi dengan sensor yang secara otomatis akan menutup jalannya injeksi bahan bakar saat mesin nganggur. Sebenarnya posisi gigi netral ini dilakukan agar mencegah mobil maju atau mundur pada saat isi bahan bakar minyak.

Isi BBM Sampai Tumpah

Mitosnya mengisi tangki BBM sampai luber dipercaya dapat membuat volume BBM yang masuk jadi lebih banyak sehingga membuat bakar minyak pada mobil lebih hemat. Namun, mobil zaman sekarang sudah dilengkapi dengan vapor recovery system yang akan langsung mendeteksi kelebihan kapasitas pada tangki kendaraan. Faktanya mengisi BBM sampai meluber, bahkan tumpah, malah akan membuat BBM banyak terbuang dan Anda justru mengalami kerugian.

Mengisi BBM Malam Hari

Mengisi BBM saat panas akan membuat volume BBM yang didapat lebih sedikit karena penguapan. Maka dari itu orang-orang beranggapan bahwa mengisi BBM di waktu malam hari akan mendapatkan BBM yang lebih kental, sehingga volume BBM yang didapatkan lebih banyak. Hal ini fakta, jika temperatur di lingkungan sekitar turun, maka temperatur di dalamnya juga akan ikut turun dan sebaliknya. Satu liter bensin waktu suhu dingin dan satu liter bensin waktu panas, jika ditimbang pasti beratnya tidak sama.

Performa Mesin dan Efisiensinya Akan Meningkat Saat Menggunakan BBM Dengan RON Tertinggi

Hal penting yang perlu diketahui bersama tentang penggunaan BBM yang tepat adalah sebaiknya kita memilih BBM berdasarkan rasio kompresi mesin mobil yang kita miliki. Kalau tidak efeknya tentu energi yang dihasilkan dari pembakaran mesin tidak optimal, jarak tempuh justru berkurang atau lebih boros, dan residu berpeluang meninggalkan flek yang nantinya dapat menyebabkan mobil knocking.

Kualitas BBM Ditentukan Oleh Warna

Sampai saat ini masyarakat beranggapan bahwa kualitas BBM bisa dilihat dari warnanya. Faktanya warna pada BBM sejenis yang dijual tidak bisa menjadi acuan kualitasnya. Anda bisa coba membedakan kualitas dengan mengambil sampel sebanyak satu liter, lalu diuji dengan alat ukur untuk mengetahui berat jenis, suhu, hingga kandungan aditifnya untuk dicocokkan dengan tabel konversi yang telah tersedia sesuai standar Pertamina. Tiap jenis BBM memiliki berat jenis, suhu, dan kandungan aditif yang berbeda, sehingga mudah untuk mengetahui BBM tersebut kualitasnya jelek atau tidak.

Mobil Lama Tidak Digunakan = BBM Menjadi Basi

Faktanya bukan BBM yang menurun kualitasnya dan menjadi basi dalam jangka waktu lama bila mobil lama tak digunakan, tetapi lebih kepada terjadinya percampuran antara uap air yang terbentuk di tangki mobil dan merusak kandungan yang ada dalam BBM tersebut. Kemungkinan BBM berkurang kualitasnya sangat sulit terjadi dan pihak Pertamina sudah melakukan penelitian. Meskipun dibiarkan selama satu bulan BBM tidak akan berkurang kualitasnya jika tidak tercampur uap air.

Itulah mitos dan fakta mengenai bahan bakar minyak yang selama ini membuat masyarakat bingung. Tentunya irit atau tidaknya bahan bakar minyak pada mobil tergantung pada cara berkendara dan pemilihan jenis BBM sesuai dengan spesifikasi mobil.

Baca Juga : Sewa Mobil Operasional Jakarta Murah

HUBUNGI KAMI

WhatsApp / Call

Follow Us

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *