Pencegahan Virus Corona Di Mobil Anda dengan hal ini

Di akhir tahun 2019, terjadi wabah yang sangat mengemparkan seluruh Dunia. Di namakan Virus Corona (Covid-19), Virus mematikan ini tidak bisa mati dengan begitu saja sudah jutaan orang yang terinfeksi oleh virus ini. Ada berbagai macam cara untuk melakukan pencegahan Virus Corona. Mulai dari menggunakan Masker, Disinfektan, Selalu cuci tangan dan membawa handsanitizer. Tapi hal ini tidak cukup, karena langkah ini hanya baru melindungi dirimu, bukan melindungi diri dari apa yang ada disekitarmu yang menjadi sarang virus corona menetap.

pencegahan virus corona

Seperti yang kita ketahui, corona virus ini dapat bertahan pada permukaan benda tertentu selama berhari-hari dan dapat berpindah dengan kontak sederhana. Hal lain yang bisa dilakukan adalah memberi jarak sosial atau social distancing seperti yang telah diumumkan oleh Pemerintah, dan peraturan terbaru yaitu pembatasan wilayah ditiap masing-masing wilayah. Maka dari itu, karena Anda harus betah-betah berdiam diri dirumah, langkah utama perlindungan dari virus corona pastinya Anda sudah mendisinfektan tempat tinggal bukan?

Tapi apa yang terjadi ketika Anda terpaksa harus keluar rumah dengan mobil untuk membeli kebutuhan sehari-hari? Apakah mobil sudah bersih? Sejak wabah ini meningkat, pasti Anda sudah mulai membatasi berpergian ke tempat umum, salah satunya tempat cuci mobil.  Tetapi tidak usah khawatir, berikut ini adalah cara mudah dalam membersihkan kendaraan kamu dan pencegahan virus corona di dalam mobil kamu.

Persiapan Pencegahan Virus Corona

Sebelum Anda mulai melakukan pencegahan mobil di mobil, pastikan Anda menggunakan pakaian yang melindungi diri seperti kacamata, baju lengan panjang, serta sarungan tangan berbahan karet. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi adanya virus yang menempel ke tubuh kita. Dalam kondisi sekarang ini, tindakan pencegahan (bukan paranoid) adalah cara yang terbaik. Sekarang langsung saja kita bahas langkah demi langkah.

Perhatikan Titik-titik yang disentuh

Terlepas dari titik sentuh yang jelas adanya seperti setir, gagang pintu, headunit, dan tuas persneling, masih ada area khusus yang memerlukan perhatian khusus. Hal ini termasuk, gagang pintu bagian luar, kaca spion, tuas penyesuaian ketinggian kursi, saklar untuk naik dan turun kaca, indikator dan tuas untuk wiper, tombol starter, kait pintu, tuas pembuka tangki bensin, saklar lampu baca, serta tombol-tombol lainnya.

Sebelum memulai pencegahan virus corona, dengan mudah bersihkan semua permukaan dengan kain bersih atau jika Anda memiliki vacuum cleaner juga dapat digunakan. Lakukan pada dashboard, central console, bagian pintu dan semua celah-celah.

Baca juga : Gejala Virus Corona Pada Remaja Tidak Terlihat & Cara Mengatasinya

Pencegahan Virus Corona, Bersihkan dengan Disinfektan/ Hand Sanitizer

Dalam tahap pencegahan virus corona ini disarankan untuk menggunakan disinfektan semprot, tetapi untuk kondisi sekarang ini cairan tersebut pasti sudah langka. Langkah terbaik lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan bahan microfiber yang bersih dan tuangkan beberapa tetes sanitizer, dengan minimal kadar 70% alkohol. Jika Sahabat menginginkan untuk lebih waspada, dapat menggunakan isopropil alkohol, tetapi pastikan untuk menyemprotkan di kain dan tidak langsung pada permukaan.

Gunakanlah secukupnya agar kain tidak terlalu basah sehingga ada kemungkinan menetes dan dapat merusak karena akan merembes ke dalam celah-celah dan menuju ke tombol-tombol yang bersifat elektrik/elektronik. Gosokkan hanya pada permukaan dengan kain dan sentuhan yang keras.

Jika mobil Sahabat memiliki alas karet, bersihkan dengan menggunakan selang air bertekanan tinggi dan kemudian bersihkan dengan air sabun. Biarkan mengering dibawah sinar matahari dalam bentuk aslinya (jangan dilipat).

Selanjutnya pencegahan virus corona ke tahap pembersihan kursi yang dilapisi kain atau kulit, Sahabat dapat membersihkan debu pada permukaannya dan dilanjutkan dengan sampo kulit / sampo pelapis yang berkualitas baik dan kemudian gunakan conditioner tambahan. Jika Sahabat tidak memiliki pembersih ini dan masih ingin menyingkirkan kemungkinan adanya kuman, gunakan kain bersih yang dicelupkan (Jangan terlalu basah) dalam air sabun. Jangan berlebihan dan bersihkan dengan kain kering dengan cepat.

Perawatan AC untuk Pencegahan Virus Corona,

Langkah terakhir dalam pencegahan virus corona, selain tuas dan jok mobil, ada baiknya Anda juga melakukan pembersihan dari sistem pendingin mobil seperti AC. Hilangkan bau apek serta meminimalisir bakteri, jamur dan virus pada saluran sistem AC dan interior mobil dengan cara fogging. Melalui alat fogging, cairan antiseptik akan diubah menjadi asap dan disebarkan ke seluruh bagian interior mobil dan masuk ke dalam perputaran AC mobil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *