Kenapa Sebelum Berkendara Mobil Wajib Melakukan Hal Ini?

You are currently viewing Kenapa Sebelum Berkendara Mobil Wajib Melakukan Hal Ini?

Dalam berkendara mobil, keselamatan harus menjadi prioritas yang diutamakan baik untuk jarak dekat maupun jarak jauh. Melakukan perjalanan jauh ataupun dekat, pasti membutuhkan persiapan. Banyak hal yang perlu Anda perhatikan dan dilakukan sebelum melakukan perjalanan, mulai dari memeriksa kendaraan sampai dengan etika berkendara agar saat di perjalanan Anda dapat berkendara dengan aman dan nyaman. Berikut adalah beberapa hal yang wajib diperhatikan saat berkendara, simak ya! 

Source by Canva

Pastikan Badan Fit dan Penampilan Oke

Untuk Anda yang ingin melakukan perjalanan baik jarak dekat maupun jauh pastikan kondisi tubuh Anda baik dan fit. Kondisi tubuh yang fit akan membuat Anda tanggap terhadap berbagai segala kemungkinan yang terjadi di jalanan. Misalnya menghadapi kemacetan, teriknya sinar matahari, dan lainnya. 

Source by Canva

Perhatikan Waktu Tempuh Perjalanan


Supaya Anda Tidak Terlambat dan terburu-buru dalam melakukan perjalanan, sebaiknya Anda melakukan persiapan dari beberapa jam sebelumnya dan waktu tempuh perjalanan harus diperhatikan dengan baik. Dengan demikian, resiko kecelakaan berkendara  mobil akan semakin berkurang.

Source by Lifepal

Mengecek Dokumen (STNK / SIM)

Untuk melakukan perjalanan penting untuk mengecek kelengkapan dokumen baik itu STNK ataupun SIM apalagi jika Anda melakukan perjalanan jauh. guna menghindari hal-hal seperti tilang atau hal lainnya.

Source by Canva

Mengecek Lampu-Lampu Kendaraan

Lampu merupakan alat penerangan yang membantu perjalanamu dan juga merupakan alat berkomunikasi dengan pengendara lainnya.  Tanpa adanya penerangan yang baik pada kendaraan, kecelakaan rentan terjadi terutama ketika kondisi gelap atau cuaca hujan. 

Source by Canva

Mengecek Air Wiper dan Air Radiator

Melakukan perjalanan yang jauh hingga ratusan kilometer dapat membuat mesin mobil rentan panas dan banyak debu/kotoran yang menempel. Namun dengan adanya air radiator maka mesin mobil dapat berada di tingkatan suhu yang tepat. Air Wiper juga membantu perjalanan.

Source by Canva

Mengecek Oli dan tekanan angin ban

Ban & Oli adalah salah satu bagian kendaraan yang harus senantiasa diperiksa sebelum berkendara. Hal ini perlu dilakukan agar terhindar dari kemungkinan buruk seperti ban kempes yang dapat membahayakan Anda selama berkendara mobil, atau Oli kering yang mengakibatkan Kendaraan Mogok. 

Source by Canva

Mengecek Kelengkapan Peralatan

Pastikan bahwa perlengkapan berkendara lengkap seperti dongkrak, kunci roda dan ban serep dll. Hal ini mempermudah anda apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti ban bocor atau hal lainnya. 

Source by Canva

Mengecek Odometer/Bensin

Sebelum berangkat pastiin bensin cukup untuk menempuh jarak perjalanan, jika tidak maka kamu bisa mengisi bensin terelebih dahulu di pom bensin terdekat dan lebih aman jika anda mengisi bensin dengan tangki full.

Source by Canva

Perhatikan Kaca Spion


Walaupun terdengar sepele, namun kaca spion merupakan salah satu hal yang harus dipersiapkan sebelum berkendara. Posisi kaca spion yang baik bagi pengendara akan memudahkannya menjangkau arah pandang yang perlu diperhatikan demi keselamatan berkendara. 

Source by Canva

Pastikan Kondisi AC Menyala dan Dingin

AC mungkin menjadi hal dibutuhkan untuk membuat perjalanan lebih nyaman dan rilex selama menempuh perjalanan. AC yang rusak/tidak dingin akan mengganggu konsentrasi anda dalam menyetir. jadi pastikan juga AC dalam kondisi yang berfungsi.

Source by Canva

Wajib Memakai Sabuk Pengaman pada Saat Berkendara

Hal terakhir adalah menggunakan sabuk pengaman. sabuk pengaman ini sangat penting dan berfungsi sebagai pelindung diri saat mobil mengalami benturan dan menahan tubuh agar tidak terlempar.

Itulah beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum berkendara  mobil agar terhindar dari masalah mobil yang membahayakan Anda dan penumpang. Dengan memperhatikan hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum berkendara, maka Anda telah melakukan sebagian langkah atau upaya untuk mewujudkan keselamatan dalam berkendara. Selain hal-hal di atas, cara berkendara juga harus diperhatikan sesuai dengan kondisi ruang dan waktu selama perjalanan berlangsung. Selamat berkendara dengan aman dan nyaman!

Jika kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara adalah prioritas Anda, maka Naba Transport adalah solusi yang tepat. Kami berkomitmen untuk menyediakan layanan transportasi yang aman dan nyaman bagi pelanggannya. Dengan armada kendaraan yang terawat dengan baik dan dilengkapi dengan asuransi pada setiap mobil Naba Transport hal ini akan menjamin perjalanan Anda berlangsung tanpa hambatan. Supir berpengalaman dan terlatih di Naba Transport tidak hanya memberikan keahlian dalam mengemudi, tetapi juga memastikan pelayanan ramah dan profesional selama perjalanan. Dengan Naba Transport, Anda dapat merasa tenang dan yakin bahwa setiap perjalanan Anda akan menjadi pengalaman berkendara yang aman dan nyaman, tanpa kompromi.

Call Us

WhatsApp / Call

Follow Us

Share This :