Top 10 Tempat Wisata Medan

Danau Toba Medan

Deretan tempat Wisata di Medan ini bisa dikunjungi saat liburan Akhir Tahun bareng teman dan keluarga. Selain memiliki spot instagramable, tempat Wisata di Medan berikut ini juga lokasinya mudah dijangkau.

Naba RentCar merangkum dari beberapa sumber, berikut daftar tempat Wisata di Medan yang bisa dikunjungi saat liburan Akhir Tahun.

  1. Danau Toba

wisata danau-toba medan

Wisata danau Toba merupakan dari sedikit wisata danau yang paling terkenal di Indonesia. Selain danau Toba memiliki keindahan alam yang memukau, danau Toba menyimpan cerita legenda yang wajib Untuk anda ketahui. Wisata alam danau Toba merupakan satu diantara dari danau yang menyimpan kekayaan alam yang sangat banyak. Sampai saat ini keindahan danau Toba tidak kalah dengan pemandangan alam yang lain nya.

Di danau Toba, pengunjung tak hanya melihat panorama keindahan alam menakjubkan tetapi anda pun akan mendapati masyarakat Toba yang ramah dan bersahabat. Tradisi adat istiadat warga batak Toba akan membuat anda jatuh cinta, anda pun dapat mendalami atau sekedar mengetahui tradisi disana dari sebagian warga asli Samosir.

Terlihat hamparan luas sang danau legenda di Sumatera Utara ini memang tidak sama dengan danau pada umumnya, malahan danau ini menyerupai sebuah lautan biru mempesona. Oleh karena itu pada akhirnya danau Toba dijadikan sebagai danau ter-luas dan terbesar di Asia Tenggara serta menjadi danau kedua terbesar kedua setelah danau Victoria di Afrika, untuk kedalaman danau Toba menjadi kan nya sebagai danau ter-dalam di dunia yang menurut administratif kedalamannya hingga 450 meter, sedangkan untuk panjang 100 kilometer dan lebar 30 meter.

Wisatawan pada umumnya berwisata kesana melakukan berbagai kegiatan menyenangkan seperti pendakian gunung, berlayar mengarungi wisata danau Toba dengan menggunakan kapal layar, berenang, dan berkunjung ke pulau Samosir Sumatra Utara. Berada di lokasi wisata danau Sumatera Utara ini tak akan merasakan kebosanan, pasalnya danau tersebut menyajikan keindahan alam menakjubkan, terutama keindahan alam yang wisatawan dapatkan ketika berkunjung ke pulau Samosir yang lokasinya tepat berada di tengah-tengah danau.

Ada beberapa waktu yang paling tepat untuk berkunjung di danau Toba, semua tergantung kebutuhan keinginan dari wisatawan. Misal berlibur, ingin memenangkan pikiran, berlibur untuk melihat festival dan sebagainya. Bila anda ingin berlibur untuk mendapatkan pengalaman seru seperti festival, maka berkunjung di bulan september hingga november akan memberikan anda momen yang berkesan.

Bila ingin menggunakan pesawat terbang sebagai alat transportasi ke danau Toba, anda perlu menyiapkan biaya kurang lebih Rp. 1.780.000, menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Dari bandara Silangit ke Parapat anda perlu menyewa mobil atau taksi dengan kisaran harga 350.000 yang dapat menampung 4 sampai 5 orang.

Tidak lengkap seperti nya apabila anda tidak berkunjung ke pulau Samosir saat berkunjung di danau Toba. Untuk menuju ke pulau Samosir, anda membutuhkan menyewa kapal Feri. Perjalanan menyeberang membutuhkan waktu kurang lebih 30 sampai 50 menit. Ketahui juga jam berangkat kapal feri dari Parapat ke pulau Samosir, agar tak ketinggalan.

 

  1. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

kawah medan

Medan tak hanya punya Danau Toba. Salah satu kota di Sumatera Utara ini menyimpan banyak destinasi yang menyimpan segudang potensi untuk dijadikan objek wisata. Potensi alamnya yang masih begitu natural menjadikan Sumatera Utara surga bagi para petualang dan kaum milenial yang haus post instagram.

Kawah Putih Tinggi Raja berada di desa Dolok Tinggi Raja, kecamatan Silau Kahean yang merupakan bagian pelosok dari Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Lokasinya berada di dalam hutan lindung dengan bukit kapur berwarna putih dan danau air panas berwarna biru kehijauan.

Air panas yang mengisi danau tersebut berasal dari bukit-bukit kecil di kawasan tersebut. Kemudian air tersebut akan terus mengalir menuju sungai Bah Balakbak yang berbatu dengan airnya yang jernih. Pada pertemuan air panas dari danau dan air dingin sungai inilah pengunjung bisa mandi maupun berenang.

Akses menuju ke lokasi juga masih didominasi dengan kondisi jalan rusak sehingga dibutuhkan usaha ekstra untuk mencapainya. Namun pemandangan indah danau akan menjadi penawar lelah yang mujarab. Butuh waktu sekitar 3-5 jam untuk sampai di lokasi dengan melewati jalanan berbatu. Belum lagi jika musim hujan tiba, perjalanan akan berkali-kali lipan lebih sulit. Rute yang bisa dilewati, dari medan Anda bisa lewat Dolok Merangir-Tebing Tinggi-Dolok Masihatul.

Kemudian lanjutkan perjalanan melalui Silau Dunia-Negeri Dolok-Silau Kahean-Nagari Dolok Morawa barulah sampai di Dolok Tinggi Raja. Anda yang suka petualangan, akan menikmati perjalanan ini.

Bagi Anda yang ingin mencoba warna baru untuk mengisi feeds sosial media, Kawah Putih Dolok Tinggi Raja mampu menjadi salah satu alternatif baru. Beningnya wair berwarna biru terlihat begitu menggoda seolah tanpa noda. Dan tentu saja, objek wisata ini bernilai untuk mengisi laman akun sosial media Anda.

Sebaiknya datang ke Kawah Putih sebelum tengah hari, ketika hari makin siang genangan air akan semakin panas karena terik matahari.

 

  1. Tangkahan

tangkahan medan

Tangkahan adalah sebuah kawasan ekowisata berupa hutan hujan tropis yang sangat alami, lengkap dengan sungai dan penangkaran gajah.

Tangkahan berada di Langkat, kabupaten paling Utara di Sumatera Utara, yang berbatasan langsung dengan Aceh. Ekowisata Tangkahan berlokasi di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, dan dapat dicapai dengan beberapa cara dari Medan.

Cara termurah menuju Tangkahan :

Dari Bandara Internasional Kualanamu, kamu dapat naik bus Damri ke Terminal Pinang Baris, lalu melanjutkan dengan bus Pembangunan Semesta sampai ke ekowisata Tangkahan. Bus Pembangunan Semesta berangkat dua kali sehari, yakni pukul 10.00 dan pukul 13.00. Ongkos yang harus dibayar adalah Rp25.000,00 per orang. Sebelum naik, tanyakan dulu kepada supir bus, apakah bus ini sampai ekowisata Tangkahan. Terkadang, ada bus Pembangunan Semesta yang tidak sampai ke sana. Maklum, trayek bus ini sangat panjang, sampai 90 kilometer jauhnya. Dengan menumpang bus ini, kamu akan sampai ke ekowisata Tangkahan dalam waktu 4-5 jam. Untuk perjalanan yang lebih nyaman dari Tangkahan, kamu dapat menyewa mobil dan langsung menuju ke sana dari Bandara Kualanamu. Tarif sewanya Rp600 ribu (harga Desember 2019) untuk satu kali jalan. Kamu akan diantar hingga masuk ke kawasan ekowisata Tangkahan.

Di kawasan ekowisata Tangkahan, banyak sekali aktivitas yang dapat kamu lakukan. Semuanya sangat dekat dengan alam. Sejumlah kegiatan juga cocok untuk segala usia.

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat kamu lakukan di Tangkahan berikut rincian biayanya.

  • Memandikan gajah

Tangkahan adalah tempat penangkaran gajah Sumatera. Ada sekumpulan gajah, termasuk anak-anak gajah yang suka berlari kecil sesuka hati. Tentu kamu tidak boleh melewatkan kesempatan memandikan gajah di Tangkahan. Selama kurang lebih 1 jam, kamu dapat berdekatan, menyentuh, menyikat tubuh gajah, serta bermain semprot air bersama mereka. Biayanya Rp100 ribu per orang, sudah termasuk buah-buahan untuk makanan gajah.

  • Naik gajah

Selain bisa memandikan gajah, kamu juga dapat berkeliling hutan naik gajah. Gajah-gajah ini selalu diajak jalan-jalan oleh sang mahout (pawang), sebagai bentuk pengayaan agar insting mereka sebagai hewan liar tidak hilang. Dengan membayar Rp650 ribu, kamu dapat ikut bersama para mahout menyusuri hutan hujan tropis di atas punggung gajah.

  • Jungle trekking dan river tubing

Ada paket trekking setengah hari, ada yang seharian, ada juga yang berkemah sambil menginap. Kontur hutan Tangkahan yang naik turun membuat perjalanan sangat menantang. Namun pasti akan terbayar dengan pengalaman dan pemandangan. Paket jungle trekking Tangkahan terdiri dari family trekking, medium trekking, dan full-day trekking.

Untuk melengkapi pengalaman trekking kamu, sangat disarankan untuk sekalian mengambil paket river tubing. Jadi kamu bisa mengarungi sungai sambil duduk santai di ban dan mengagumi pemandangan sekitar yang menenangkan.

Karena kamu akan seharian berada di hutan dan sungai, pemandu biasanya juga akan menawarkan paket makan siang. Lokasi makan siang akan menyesuaikan rute trekking kamu. Bisa di tepi sungai, bisa juga di dekat air terjun. Persamaannya, makanan akan disajikan di “pelaminan”.

Menunya lengkap, biasanya terdiri dari nasi, lauk protein, sayur, dan buah. Sedap sekali disantap sambil memandang gemericik air.

Harga medium trekking + river tubing = Rp400 ribu

Paket makan siang = Rp100 ribu per orang

  • Main di air terjun

Tangkahan memiliki beberapa air terjun. Ada yang kecil-kecil dan tidak bernama, ada juga yang besar seperti Air Terjun Gelugur. Sambil berendam di air terjun, kamu dapat melihat monyet-menyet bergelantungan di pohon. Menyenangkan sekali!

  • Berfoto di jembatan gantung

Pasti mau, dong, foto di jembatan gantung tempat Velove Vexia dan Nicholas Saputra bertemu di video klip “Adu Rayu”? Jembatan gantung ini memang ikonik sekali!

Tip saat berkunjung ke Tangkahan:

  1. Bawa spray antinyamuk. Selain untuk mengusir nyamuk, spray ini juga berguna jika kamu ditempeli pacet. Keberadaan pacet di hutan hujan tropis sangat umum. Tidak perlu takut. Jika ada pacet yang menempel di kulit, tinggal disemprot spray anti nyamuk, nanti ia akan jatuh sendiri.
  2. Tetap pakai tabir surya meski cuaca teduh. Aktivitas river tubing membuat kamu akan terpapar cahaya matahari dalam waktu yang cukup lama (kurang lebih 1 jam). Meski cuaca teduh, sebaiknya tetap berikan perlindungan bagi kulitmu.
  3. Pakai sandal trekking yang nyaman. Bermain di Tangkahan berarti keluar masuk hutan dan menyeberangi sungai. Pastikan kamu tidak memakai sandal jepit karena sangat riskan putus. Jika nyaman menggunakan sepatu trekking juga tidak apa-apa, hanya saja bersiap-siap untuk basah, ya.
  4. Kegiatan memandikan gajah memungkinkan kamu berada sangat dekat dengan hewan menggemaskan ini. Tetap lembut dan perlakukan mereka dengan hormat, ya. Gajah adalah elemen penting ekosistem Tangkahan. Kotoran mereka yang mengandung biji buah-buahan kelak akan tumbuh menjadi pohon yang menggantikan pohon-pohon mati di hutan. Selain itu, insting mereka sebagai hewan liar pasti akan bekerja jika kamu berlaku tidak baik kepada mereka.
  5. Selalu waspada di sekitar anak gajah. Karena masih anak-anak, mereka suka berlari-lari kecil ke sana ke mari. Meski masih kecil, jika tertabrak pasti akan sakit.

Bagi yang berniat tinggal dalam beberapa hari, tak perlu khawatir karena telah tersedia berbagai tempat penginapan seperti Bamboo River Lodge, Green Lodge, Jungle Lodge, dan Tangkahan Inn. Harga penginapannya lumayan terjangkau namun tetap dengan kualitas serta pelayanan yang baik, berkisar Rp 100.000 – Rp 170.000.

Mengunjungi tempat ini tidak seru kalau sendirian, kamu bisa mengajak teman-temanmu menjelajah hutan.

 

  1. Sipinsur

Wisata Sipinsur Humbahas medan

Wisata Sipinsur adalah Geopark di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1.213 mdpl. Kawasan wisata ini menjadi tempat terbaik untuk melihat keindahan Danau Toba dari sisi yang berbeda. Tempat ini menyajikan udara yang sangat sejuk dan kawasannya penuh pepohonan pinus.

Luas area tamannya sekitar 2 hektar. Letaknya di Desa Paerung, Humbang Hasundutan. Aksesnya tidaklah sulit dengan jarak tempuh sekitar 30 menit dari Bandara Silangit.

Harga Tiket Masuk Wisata Sipinsur

Untuk menikmati keindahan hutan pinus dan danau Toba dari kawasan ini, pengunjung tidak dikenakan biaya tiket atau gratis.

Jam Buka : Kawasan wisata alam ini bisa dikunjungi setiap hari. Baik hari biasa maupun akhir pekan. Buka mulai pagi hingga malam hari. Senin – Minggu pukul 07.00 – 23.00

Dataran tinggi Sipinsur di Kabupaten Humbang Hasundutan kian populer. Hampir setiap akhir pekan sejumlah wisatawan dan komunitas datang dan menggelar berbagai acara.

Untuk menuju kawasan wisata ini, wisatawan dapat melalui Jalan Sidikalang-Medan dan Jalan Lintas Sumatera Sumatra. Sebagai alternatif, wisatawan dapat naik pesawat terbang menuju Bandara Silangit.

Biasanya, wisatawan mengabadikan pemandangan Danau Toba dari ketinggian bukit. Kemudian melanjutkannya dengan mencari tempat foto lain yang juga berlatar alam. Berbagai aktivitas wisata di sini terutama berkaitan dengan konsep alamnya. Beberapa daya tarik wisata antara lain:

  • Menikmati Panorama Danau Toba dari Ketinggian
  • Relaksasi di Kawasan Pepohonan Pinus
  • Foto Menawan Berlatar Danau Toba
  • Berkemah di Kawasan Wisata Sipinsur

Fasilitas Taman Sipinsur

Area Sipinsur juga menyediakan playing ground bagi wisatawan. Wahana bermain ruang terbuka ini berada di tengah kerimbunan pohon pinus. Suasanya teduhnya sekaligus memberikan ketenangan untuk melepas lelah dan penat.

Pemerintah Kabupaten juga membenahi berbagai fasilitas pendukung. Salah satunya penyediaan jaringan internet gratis. Hal ini bertujuan untuk memudahkan wisatawan yang suka mengunggah hasil jepretan mereka ke jejaring sosial.

Akses jalan menuju Taman Sipinsur pun sudah cukup baik. Wisatawan dapat menuruni lereng bukit dengan ratusan anak tangga yang dikabarkan terpanjang di Asia Tenggara. Pagar dan pegangannya terbuat dari besi yang disediakan di sisi kiri dan kanan tangga.

Lokasi Wisata Sipinsur Geopark

Geopark ini berada di Desa Parulohan, Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Berjarak kurang lebih 38 Km dari kota Balige.

 

  1. Air Terjun Sipiso Piso

Air Terjun Sipiso Piso Medan

Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu tempat wisata di Pulau Sumatera yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang tidak begitu jauh dari pemukiman penduduk Desa Tongging. Air terjun ini berada di perbukitan dengan ketinggian sekitar 800 mdpl dan dikelilingi oleh hutan pinus. Pengelolaan wisata alam air terjun ini dipegang oleh Pemda Kabupaten Karo. Dengan memiliki ketinggian sekitar 120 meter, Air Terjun Sipiso-Piso merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Dengan adanya air terjun ini, Kabupaten Karo menjadi salah satu tempat wisata yang paling diminati oleh para wisatawan domestik dan mancanegara.

Akses untuk mencapai wisata ini, jika Anda menggunakan transportasi umum dari Medan, Sumatera Utara. Anda dapat menggunakan bus dengan jurusan Kota Kabanjahe dengan waktu kurang lebih 2 jam. Kemudian, setelah sampai di Kabanjahe, perjalanan dilanjutkan dengan bus menuju Danau Toba. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 24 Km.

Fasilitas dan akomodasi: Beberapa fasilitas di Air Terjun Sipiso-piso cukup memadai, seperti tersedianya lahan parkir dan warung makan. Untuk penginapan Anda bisa menemukannya di Desa Tongging dan Desa Kabanjahe. Untuk membeli oleh-oleh bagi kerabat atau teman, Anda bisa membelinya di toko souvenir yang ada di tempat wisata ini. Jika Anda masih punya banyak waktu, Anda dapat menyempatkan berkunjung ke Air Terjun Siwarna yang berada tidak jauh dari Air Terjun Sipiso-piso.

Untuk melihat dari dekat, siapkan stamina. Sebab ada ratusan anak tangga menuju dasar air terjun.

Nah, untuk sampai ke lokasi air terjun, wisatawan dapat menempuh perjalanan darat 2 jam antara Medan dan Kabanjahe. Adapun Kabanjahe, ibu kota Kabupaten Tanah Karo, terletak di selatan dataran tinggi Berastagi. Wisatawan yang menggunakan angkutan umum bisa naik Bis Sinabung Jaya dengan tarif Rp25.000 dari Terminal Terpadu Amplas di Medan.

Sampai Kabanjahe, lanjutkan perjalanan menuju Desa Tongging – 24 kilometer ke utara, melewati jalur jalan menuju Danau Toba. Kondisi jalan menuju Air Terjun Sipiso-piso tergolong mulus, sehingga perjalanan darat tersebut makan waktu 45 menit saja.

Tiba di Tongging, terdapat loket tiket menuju objek wisata Air Terjun Sipiso-Piso. Tiket masuknya sebesar Rp2.300 per orang. Dari situ, wisatawan yang ingin berjalan kaki menuju dasar air terjun bisa menyusur punggung bukit dan menuruni ratusan anak tangga. Ini adalah jalur satu-satunya yang aman untuk wisatawan. Sepanjang perjalanan turun, wisatawan akan melewati perbukitan dan dimanjakan dengan pemandangan indah Tanah Karo dari sebuah gardu pandang di puncak bukit. Wisatawan juga bisa menyaksikan keindahan Danau Toba, danau vulkanik terbesar dunia yang menjadi ikon wisata Sumatra Utara.

Merasa belum puas dan ingin bermalam? Ada banyak losmen, homestay, dan hotel bintang tinggi di Desa Tongging, Kota Kabanjahe, dan Berastagi. Tarif hotel bervariasi, berkisar mulai dari Rp150.000 sampai Rp1,5 juta per malam.

  1. Bukit Holbung

Bukit Holbung medan

Bukit Holbung merupakan destinasi wisata alam yang terletak di Dolok Raja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Kawasan ini menawarkan pesona padang sabana yang luas, serta kemegahan panorama bentang alam menakjubkan. Hal ini menjadikan Bukit Holbung sebagai tempat wisata yang di gemari para pelancong lokal maupun mancanegara.

Suasana Bukit Holbung sangatlah tenang, sangat cocok sebagai lokasi refreshing bagi kamu yang setiap harinya beraktivitas di daerah perkotaan.

Keistimewaan Bukit Holbung yang menjadi daya tarik bagi wisatawan yaitu pemandangan alam yang indah. Kombinasi panorama alam perbukitan dan Danau Toba yang tenang. Sehingga bukit ini menjadi spot yang sangat menarik untuk berfoto.

Penduduk setempat menyebut lokasi ini sebagai Bukit Teletubbies. Hal ini disebabkan adanya kesamaannya ukuran dan keelokan pemandangannya dengan bukit bernama serupa. Tidak hanya memberikan panorama yang menakjubkan, bukit ini juga menawarkan suasana yang menggegarkan.

Tidak hanya sebagai spot hunting foto, Bukit Holbung juga merupakan tempat terbaik untuk berkemah bagi anda yang hobi tinggal di alam terbuka. Berkemah atau ngecamp di bukit holbung ini bukan tanpa alasan, sebab view sunset di sini adalah hal yang paling berkesan.

Dari puncak Bukit Holbung pengunjung dapat menyaksikan keindahan alam serta suasana kehidupan masyarakat setempat ditemani sunset yang mengesankan.

Bahkan pada pagi hari suasana Bukit Holbung juga tak kalah cantik. Gumpalan kabut tebal terlihat sangat jelas seperti awan yang bertingkat menambah nilai eksotis di sini. Ditambah lagi bukit-bukit kecil yang terletak di pinggiran Danau Toba membuat pemandangan ini terlalu sempurna dan sangat sayang untuk dilewatkan.

Untuk mencapai bukit, anda bisa menggunakan dua rute berbeda. Pertama, dari Medan ke Tele. Selama perjalanan anda bisa melewati Kabanjahe. Rute lain adalah melalui Siantar, Parapat, dan Samosir. Itu bergantung pada titik awal. Jika memilih rute kedua, anda harus melalui Pelabuhan Tiga Raja untuk mencapai Tomok di Pulau Samosir.

Ketika hendak ke bukit, anda bisa melakukan tracking dalam waktu 10-15 menit. Pendakian itu sendiri agak melelahkan namun pemandangannya membuat pendakian tersebut sepadan. Sebab anda akan melihat banyak pemandangan hijau dalam kurun waktu singkat.

Kawasan wisata ini dibuka selama 24 jam penuh. Namun, sebaiknya memasuki area ini atau melakukan pendakian di pagi hari atau paling tidak siang hari. Sebab terkadang cuaca sekitar sering tidak mendukung terutama angin yang bertiup cukup kencang.

Biaya masuk Bukit Holbung Samosir Rp.10.000,- per orang baik di hari libur sabtu dan minggu maupun hari biasa senin-jum’at biaya masuknya tetap sama hanya Rp.10.000,- per orang.

Penginapan di Bukit Holbung

Sama halnya dengan daerah lainnya, hotel di Samosir Sumatera Utara juga banyak tersedia. Mulai dengan hotel melati dengan tarif dibawah 100 ribuan hingga hotel berbintang.

Nah, berikut ini beberapa penginapan di dekat Bukit Holbung Samosir yang bagus dan nyaman dengan tarif harga terjangkau:

Toba Sunset, penginapan yang bagus dan nyaman berjarak 23,1 km dari Bukit Holbung. Terletak di Tuktuk Siadong, Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Dengan tarif mulai dari Rp 330.000 permalam.

Carolina Hotel, hotel bintang 2 yang cukup populer dikalangan wisatawan. Lokasinya ada di Tuktuk Siadong, Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara 22395. Tarif kamar mulai dari Rp 328.000 per malam.

Laster Jony’s Guesthouse, hotel bintang 1 yang bagus dan nyaman ada air panas, kamar mandi bersih, shower, dan handuk. Terletak di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara 22395. Untuk menginap disini tarif harga mulai dari Rp 100.000 per malam.

  1. Merdeka Walk

Merdeka Walk medan

Merdeka Walk adalah sebuah pusat kuliner di Medan, ibu kota Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Lokasinya di pusat kota Medan, di dalam Lapangan Merdeka. Tempat ini dikenal sebagai tempat nongkrong yang menyediakan pusat makanan, hiburan, hingga arena pertunjukan. Merdeka Walk dibuka 24-jam sehari.

Sebagai pusat makanan, puluhan gerai makanan tersedia di sini. Mulai dari dari makanan Barat, makanan Asia sampai makanan khas Medan. Selain menyediakan hidangan dalam berbagai menu, Merdeka Walk juga menyediakan satu spot yang nyaman dengan keasrian pepohonan bernama Center Piece.

Tempat ini biasanya diisi berbagai hiburan seperti live music, acara untuk keluarga dan ajang kreativitas anak muda, seperti band performance, rap, breakers, dan hiburan lainnya di Center Piece.

Ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan di Merdeka Walk Medan loh seperti :

  • Nongkrong bareng sambil menikmati beraneka kudapan lezat hingga larut malam gak akan terasa kalo lagi di Merdeka Walk
  • Belanja oleh – oleh atau souvenir khas Kota Medan
  • Merdeka Walk memiliki banyak spot menarik untuk foto guys. disekeliling Merdeka Walk Medan akan kamu jumpai bangunan – bangunan tua yang udah berdiri sejak zaman dulu, seperti kantor Pos besar yang tepat di seberang Merdeka Walk. Selain kantor Pos besar, ada juga gedung Balaikota, hotel Inna Dharma Deli, gedung Londong Sumatera, titi gantung dan masih banyak lagi spot foto menarik lainnya.
  • Merdeka Walk Medan memiliki fasilitas gym sederhana dan gratisan yang bisa kamu manfaatkan. Gak cuma fasilitas gym, sarana olahraga seperti jogging track juga ada loh disini. Pepohonan tua yang tertata rapi semakin menambah keindahan areal ini.
  • Di Merdeka Walk kamu akan menjumpai arena bermain anak – anak gak jauh dari pintu masuk bagian samping Merdeka Walk.
  • Berbagai kegiatan seperti music performance, tarian, pameran dan hiburan lainnya sering diselenggarakan diaeral Merdeka Walk. Semua kegiatan ini sengaja dibuat untuk memanjakan para wisatawan yang berkunjung ke Merdeka Walk Medan.

 

  1. Paropo Tao Silalahi

Paropo medan

Paropo Tao Silalahi terletak di Desa Silalahi, Kecamatan Silalahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, tak begitu jauh dari Tongging dan Paropo. Berjarak sekira 125 km dari Kota Medan. Hamparan pantai yang indah terbentang di sepanjang 28 km

Tao Silalahi, juga terkenal kaya akan ikan air tawar, seperti mas dan mujair. Kandungan protein yang terkandung pada ikan mas dan mujair Tao Silalahi ini, melebihi ikan sejenis yang berasal dari Thailand serta Vietnam.

Hal yang lebih mengagumkan, ternyata palung di Tao Silalahi merupakan palung terdalam di perairan Danau Toba. Kedalamannya mencapai 900 meter.

Menggapai Danau Toba bukan hal sulit. Perjalanan udara dapat dengan mudah ditempuh karena di sana terdapat Pelabuhan Udara Silangit.

Daya tarik Tao Silalahi berawal dari air Danau yang tak berwarna hijau namun terlihat begitu jernih. Selain itu, hamparan Bukit Barisan yang indah pum sudah menanti untuk ditatap.

Banyak aktivitas seru bisa dilakukan di Tao Silalahi. Misalnya, berenang atau mengelilingi danau dengan menyewa perahu milik nelayan. Namun kamu harus tetap waspada karena di bawah danau terdapat palung terdalam di Danau Toba yang kedalamannya mencapai lebih dari 900 meter. Kamu pun bisa sekadar berbaring di atas alas menikmati siur angin yang berlalu-lalang, mendaki bukit, atau bercengkrama dengan warga Desa Silalahi.

Tak ingin berbasah-basahan? Kamu bisa santai memancing ikan pora-pora dan ikan jadir yang banyak berseliweran di dalam danau. Pastinya seru dan menyenangkan jika berhasil menangkap dan menyantap ikan hasil tangkapan sendiri.

Kalau hari sudah beranjak malam, kamu bisa mendirikan tenda untuk bermalam di kawasan pantai Tao Silalahi. Tepi pantai ini memang kerap dijadikan lahan berkemah karena luas dan juga asri. Udara yang terasa pun sangat segar dan sejuk, sangat pas untuk para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu sambil mendekatkan diri pada alam semesta.

Selain itu, wisatawan pun bebas untuk berfoto ria di Tugu Silahi Sabungan sebagai kenang-kenangan. Namun, siapapun yang datang ke tugu ini diwajibkan untuk membuka alas kaki agar kebersihan dan kualitas tugu dan keramiknya tetap terjaga.

 

  1. Sapo Juma Tongging

wisata medan

Sapo Juma yang berada di desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara. Sapo Juma Tongging berlokasi tak jauh dari air terjun tertinggi di Indonesia yaitu air terjun Sipiso-Piso, jaraknya hanya 900 meter, hanya berjalan kaki bisa mencapai lokasi wisata dalam 14 menit. Objek wisata Sumatra Utara ini sebenarnya berupa resort atau penginapan villa dan guest house yang sekitarnya terdapat taman bunga dirawat baik oleh pengelola resort. Di Sapo Juma Medan, terdapat juga lokasi camping ground menarik yang dikelola oleh pemilik resort. Nah menjadi latar belakang penginapan-nya yakni danau Toba, lantaran lokasi resort berada di pinggiran danau Toba.

Sapo Juma Tongging Sumatra Utara ini cukup viral di berbagai sosial media, terlebih sosial media khusus foto seperti Instagram. Hal tersebut tak terlepas keindahan taman bunga cantik yang terletak di Sapo Juma. Sudah banyak teman-teman yang merasa puas berfoto dan berselfie ria di lokasi tersebut. Supaya memudahkan akses mengelilingi taman bunga, telah disediakan jalan setapak di tengah-tengah kebun. Sehingga pengunjung bisa menyaksikan bunga-bunga bermekaran indah secara dekat, lalu hunting foto tanpa harus merusak bunga-bunga di taman.

Tepat didepan villa Sapo Juma, juga ditanami rerumputan hijau. Lokasi seperti ini nih yang cocok digunakan sebagai tempat bersantai, maupun lokasi sempurna sebagai taman bermain anak-anak. Nah setelah seharian nih, seru-seruan hunting foto dan bermain di taman bunga, tentu lah perut menjadi lapar. Tak perlu bingung karena kawasan ini telah menyediakan Restoran yang menyajikan berbagai menu masakan bahan organik, sehingga kesehatan terjamin deh makan disini. Seperti biasa, pengunjung yang tak menginap, maka akan dikenakan biaya tiket masuk wisata.

Setiba di lokasi wisata teman-teman akan dihadapkan membayar tiket masuk, bila teman-teman tidak berniat menginap disana. Biaya retribusi nya tergolong standar yakni sebesar Rp. 20.000 per sepeda motor. Nah setelah membayar tiket masuk baru lah teman-teman diperbolehkan berfoto dan berselfie ria di taman bunga memanfaatkan background lanskap danau Toba, berasa deh keren-nya hasil foto yang dihasilkan.

 

  1. Jinji Kopi Medan

jinjit kopi medan

Jinjit Kopi akhir – akhir ini menjadi tempat ngopi yang hits dikalangan anak Medan. Jika kalian senang nongkrong atau ngumpul bareng temen-temen kalian di tempat kopi atau café. Selain ngopi, ada wifi gratis loh yang bikin nongkrong kamu bareng temen-temen jadi lebih asik. Kalian juga bisa hunting foto.

Tempat nongkrong yang lagi hits ini terletak di daerah sunggal. Berada di Jalan PDAM Tirtanadi nomor 274. Yang selalu buka setiap hari dimulai pukul 5 sore sampai jam 11 malam .

Di jinjit coffe ini terdapat sebuah tongkrongan yang memiliki ruangan indoor & outdoor yang sangat cantik. Di Ruangan indoor tidak berbeda dengan cafe cafe lainnya. Terdapat bar barista untuk kalian bisa memesan menu makanan/minuman yang kalian inginkan. Yang berbeda dari cafe lain adalah ruangan outdoornya. Yang dipenuhi oleh pepohonan dan rerumputan hijau. Serta beberapa set lampu yg digantung. Dan pada saat malam hari suasananya sangat romantis. Cocok buat kalian yang mau dinner bersama pasangan.

Menu dijinjit kopi juga sangat beragam lho. Berbagai macam varian kopi yang disajikan. Seperti kopi jitu, espresso, Long Black, coffee latte, Aren latte, Nutella latte, piccol latte, cappuccino, Avogato, Avocado coffee, Caramel Macchiato, Ice Coffee Jelly, Sanger dan lain-lain. Tapi juga terdapat berbagai varian minuman non coffee. Dan menu lainnya seperti teh, milkshake, dan juga juice. Ada juga makanan berat seperti ikan panggang.

Lihat juga tempat wisata di Bali yang Instagramable

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *