Begini Cara Menggunakan AC Mobil yang Benar

Selain melakukan perawatan, Anda harus memperhatikan cara menggunakan AC mobil agar membuatnya awet, yaitu dengan menggunakannya secara baik dan benar. Hal ini mungkin sangat sederhana bagi sebagian orang yang sudah paham tentang  fungsi tombol pada panel AC mobil , namun bila kita tidak melakukan prosedur pemakaian atau menggunaan AC mobil dengan benar, tentu akan memperpendek usia komponen spare part AC mobil.

 

Air Conditioner merupakan sebuah alat yang mampu mengkondisikan udara. Dengan kata lain, AC berfungsi sebagai penyejuk udara yang diinginkan, seperti sejuk maupun dingin yang dapat memunculkan rasa nyaman bagi tubuh. AC sendiri lebih banyak digunakan di wilayah yang beriklim tropis dengan kondisi temperatur udara yang relatif tinggi atau panas contohnya seperti di Indonesia.

 

Kehadiran Air Conditioner pada mobil telah membantu mewujudkan terciptanya suasana nyaman bagi pengendara mobil yang setiap hari beraktivitas dan menghabiskan sebagian waktunya di dalam kendaraan.

 

Baca Juga : Tips Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil

 

Begitu pentingnya keberadaan Air Conditioner bagi kendaraan sehingga Anda harus betul- betul paham bagaimana cara yang benar menggunakannya supaya awet dan tahan lama, mari simak tips berikut :

 

 

Mengerti fungsi Thermostat.

 

Pengertian thermostat adalah alat untuk pengatur suhu tempratur yang apabila dingin sudah pada titik yang kita atur dan kemudian thermostat akan menghentikan sementara kerja kompresor AC mobil. Fungsi thermostat sangat penting untuk mengatur kerja kompresor, jika thermostat ini gagal berfungsi maka akan terjadi beku dan kompresor akan cepat rusak.

 

 

Paham pengaturan fungsi tombol pada panel AC mobil.

 

Pengaturan yang baik akan menghasilkan dingin yang maksimal. Gunakan angin dalam yang ada pada tombol AC agar sirkulasi pendinginan menjadi cepat dan sebaiknya pengaturan speed blower AC (kecepatan putaran kipas AC mobil) pada posisi satu atau dua saja, karena angin kecil akan lebih sejuk ketimbang anda menggunakan agin kencang.

 

Gunakan sesuai waktu pemakaian.

 

Apabila Anda melakukan perjalanan jauh dan berkendara berjam-jam lamanya, sebaiknya atur suhu tempratur AC kendaraan Anda, jangan pada posisi maksimal, hal ini dimaksudkan agar kompresor AC mobil tidak terus berkerja dan dapat rehat sejenak. Sebaliknya bila Anda hanya berkendara sebentar atau tidak lebih dari tiga puluh menit maka tidak masalah jika tempratur pada posisi maksimal, penyetelan tempratur pada posisi maksimal adalah agar kompresor cepat menghantarkan dingin pada kabin, terlebih jika mobil Anda terparkir lama pada terik matahari maka pastinya kabin mobil Anda akan ikut panas.

 

 

Nyalakan AC tiap hari.

 

Meskipun jarang menggunakan mobil, setidaknya nyalakan AC selama 3-5 menit tiap harinya agar gas pendingin freon tidak mengendap dan terjadi sirkulasi. Banyak orang salah kaprah yang mengira apabila jarang menggunakan AC mobil akan lebih awet. Sebenarnya salah besar, karena AC yang jarang digunakan akan membuat gas freon mengendap dan memuai yang berakibat AC mudah bocor serta keropos.

Perlu diingat, kerusakan yang terjadi tidak hanya dari kualitas spare part komponen saja melainkan sering terjadi karena salah prosedur pemakaian yang secara perlahan akan memperpendek usia komponen AC kendaraan Anda.

 

 

Matikan AC ketika mematikan mesin.

 

Matikan Air Conditioner terlebih dahulu ketika Anda mematikan mesin mobil, begitu pula saat anda akan menyalakan mesin mobil baru kemudian AC dihidupkan. Pemakaian yang keliru dapat berakibat beban tegangan listrik mobil menjadi tinggi dan tidak stabil sehingga akan berdampak secara perlahan. Kasus ini memang tidak langsung terjadi, tetapi apabila sering dilakukan prosedur yang salah maka aki mudah tekor dan bisa berakibat pada sistem kelistrikan lainnya.

 

 

Sumber : Berbagai sumber

Image By :Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *