Begini Cara Merawat Mobil Diesel

Kendaraan roda empat dalam perkembangannya mulai berubah jadi kebutuhan primer bagi masyarakat, banyak dari mereka yang mengandalkan kendaraan roda empat untuk menunjang aktifitas mereka bahkan tak jarang ada yang menjadikannya rumah kedua bagi mereka. Mobil sendiri memiliki dua tipe yaitu Mesin berbahan bensin dan mein disel berbahan bakar solar. Akan tetapi beberapa orang lebih memilih mobil diesel yang konon katanya lebih bandel performanya. Namun, Anda harus memahami bagaimana cara merawat mobil diesel agar performanya tetap prima.

 

 

Menilik sejarah singkat, Mesin diesel mulai dikembangkan pada tahun 1892 oleh seorang insinyur Jerman yakni Rudolf Diesel. Ia memiliki hak paten yaitu “proses dan aplikasi penggerak pembakaran internal”, prinsip dasarnya adalah ketika diperoleh tekanan ekstrem maka suhu dalam ruang pembakaran internal akan meningkat, dan hal ini dapat digunakan untuk menyulut bahan bakar. Rudolf Diesel yakin bahwa ia dapat membuat mesin yang jauh lebih efisien dalam hal panas dibandingkan mesin penggerak berbasis pembakaran internal lainnya. Kemudian pada tahun 1897 di Universitas Munich, ia berhasil membuat sebuah mesin diesel pertamanya yang bekerja dengan baik.

 

 

Baca Juga : Begini Cara Menggunakan AC Mobil yang Benar

 

 

 

Meski dikenal memiliki performa yang menawan, Anda harus tetap mengetahui cara merawat mesin diesel agar selalu dalam kondisi terbaik saat hendak Anda gunakan. Dikutip dari kompas otomotif, Mobil mesin diesel memang dikenal bandel dan minim dari perawatan. Meski demikian, buka berarti pemilik mobil bisa acuh dan tidak mengetahui cara merawat mobilnya. Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna menjelaskan, dari segi perawatan, mobil diesel terbilang lebih praktis dibandingkan dengan mesin bensin. “ Mobil diesel tidak perlu ganti dan membersihkan busi, namun ada satu komponen yang harus diperhatikan yaitu filter solar,” ujarnya. Walaupun tidak ada waktu pergantian secara periodik, sebaiknya filter solar selalu diganti bersamaan dengan ganti oli yaitu tiap 10.000 km.

 

Untuk itu berikut tips merawat mesil diesel agar tetap dalam kondisi prima :

 

 

Bersihkan Filter Udara

Selain filter diesel, komponen yang juga wajib Kamu periksa itu filter udara pada mesin diesel. Udara yang bersih pada sistem mesin bisa membuat performa menjadi maksimal dan bahan bakar lebih efisien. Ukuran pori-pori pada filter udara yang hanya 50-60 mikron berpotensi masuknya debu dan kotoran ke dalam mesin. Rajinlah untuk membersihkan filter udara karena bila debu atau kotoran masuk ke dalam mesin bisa membuat mesin cepat aus.

 

 

Cek Kualitas Filter Diesel

Mesin diesel menggunakan filter diesel untuk menyaring kotoran dari bahan bakar ketika mesin hidup.Umumnya ada lampu peringatan pada panel instrumen mobil yang menyala bila kondisi filter diesel sudah kotor.Segera ke bengkel resmi Toyota untuk dibersihkan atau bila perlu diganti dengan filter diesel yang baru.Bila tidak dibersihkan, kotoran bisa masuk ke sistem bahan bakar dan menyebabkan mesin cepat rusak atau mogok.

 

 

Periksa Water Sendimenter

Umumnya pada filter diesel modern terdapat water sendimenter yang berfungsi ntuk menangkap kandungan air pada bahan bakar. Lakukan perawatan dengan memeriksa kandungan air pada water sendimenter. Bila sudah penuh, air bisa dibuang dengan memutar keran drain cock dibawah komponen water sendimenter.

 

 

Rutin Ganti Oli

Sama halnya dengan mesin bensin, oli juga bagian penting pada diesel sebagai pelumas. Ganti oli mesin secara rutin setiap 5000 km sekaligus mengganti filternya. Gesekan yang terjadi pada mesin meninggalkan sisa-sisa residu yang membuat mesin cepat aus bila tidak dilumasi. Cara mengecek oli pun cukup menarik dipstick dan perhatikan volume oli apakah berada di garis cukup atau kurang. Pastikan juga oli tidak hitam karena perubahan warna menandakan kualitas oli sudah tidak bagus dan harus diganti.

 

Mungkin tips diatas bisa membantu anda dalam merawat mobil diesel anda agar tak mengalami kendala sewaktu digunakan

 

 

Sumber: berbagai sumber

Image by: google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *