Candi Pari: Jejak Megah Kerajaan Majapahit di Sidoarjo

You are currently viewing Candi Pari: Jejak Megah Kerajaan Majapahit di Sidoarjo

Candi Pari, sebuah peninggalan bersejarah yang menakjubkan, terletak di Sidoarjo, menghadirkan jejak megah dari masa kejayaan Kerajaan Majapahit. Berbeda dengan candi-candi terkenal lainnya seperti Borobudur atau Prambanan yang berkelompok, Candi Pari berdiri tegak sendiri dengan kemegahannya yang tak tertandingi. Sebagai saksi bisu peradaban Majapahit, candi ini menarik minat pengunjung dari berbagai penjuru untuk menyaksikan keindahan dan kekayaan sejarahnya. 

Dengan setiap detail arsitekturnya yang menakjubkan, Candi Pari mempersembahkan gambaran yang mengesankan tentang kemakmuran dan keagungan masa lalu, menjadikannya destinasi yang wajib dikunjungi bagi para pecinta sejarah dan wisatawan yang ingin menggali lebih dalam warisan budaya Indonesia. Bersama Naba Transport, mari kita jelajahi lebih dalam tentang pesona dan keajaiban yang ditawarkan oleh Candi Pari.

Harga Tiket Masuk & Retribusi

Harga Tiket 
Tiket Masuk
  • Rp3.000

Jam Buka Wisata

Jam Buka
Setiap Hari

07.00 – 16.00 WIB

Lokasi Candi Pari

Porong, Sidoarjo, telah menjadi magnet bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Candi Pari. Terletak tepat di Desa Candi Pari Wetan, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, candi ini menarik minat banyak orang untuk menikmati pesonanya yang kaya akan sejarah. Dikelilingi oleh keindahan alam dan nuansa sejarah yang kuat, lokasinya yang mudah dijangkau membuatnya menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang ingin merasakan keajaiban dan keanggunan warisan budaya Indonesia.

Jika Anda membutuhkan kendaraan yang lebih besar untuk rombongan, Naba Transport adalah solusi yang tepat. Naba Transport menawarkan sewa mobil Sidoarjo dengan berbagai jenis kendaraan untuk disewa. Tersedia mulai dari mobil keluarga seperti Avanza hingga Elf Jetbus Dutro yang dapat menampung banyak orang. Dengan Naba Transport, perjalanan Anda ke Candi Pari tidak hanya akan nyaman, tetapi juga aman dan menyenangkan.

Aktivitas & Spot Candi Pari

Indonesia, dengan sejarahnya sebagai negara kerajaan yang kaya akan sumber daya alam dan manusia, menawarkan warisan berharga dari masa lampau. Salah satu bukti nyata dari kejayaan masa lalu ini dapat ditemui di Sidoarjo, yaitu Candi Pari. 

Merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit, candi ini berdiri kokoh sendiri di tengah-tengah padatnya permukiman. Meskipun demikian, keberadaannya tetap menonjol dengan kemegahannya yang tak terbantahkan. Pengunjung yang datang ke tempat ini masih terus berdatangan, terutama di hari libur, memenuhi bangunan bersejarah ini dengan kehadiran mereka. 

Tidak hanya sebagai peninggalan bersejarah, Candi Pari juga menawarkan keindahan alam di sekitarnya dengan taman yang asri dan hijau, serta struktur bangunan yang unik dengan dinding batu bata merah yang memikat. Seolah menjadi oase budaya di tengah keramaian, candi ini merupakan salah satu daya tarik utama bagi wisatawan yang ingin menyelami kekayaan sejarah dan keindahan alam Indonesia.

1.Eksplorasi Arsitektur Candi

Candi Pari menampilkan struktur arsitektur yang menakjubkan, terdiri dari elemen-elemen seperti atap, bilik, badan, dan kaki candi, semuanya dibuat menggunakan batu bata dan beberapa bagian dari batu andesit. Bagian kaki candi terbagi menjadi dua bagian persegi dengan ukuran 10 x 10 meter dan tinggi 1,95 meter, sementara badan candi memiliki bentuk persegi yang sama. 

Pada kaki candi, terdapat tangga yang mengarah ke bilik, yang memiliki dua pintu masuk dengan luas sekitar 6 x 6 meter, dan atap candi berbentuk persegi dengan ukuran sekitar 7,8 x 7,8 meter dan tinggi 4,05 meter. Meskipun beberapa bagian atap candi telah rusak dan hiasan menara pajal tidak lengkap, candi ini masih memancarkan keagungan dan kemegahannya.

2. Pesona Fotogenik di Candi Pari

Bangunan candi yang luar biasa akan memukau setiap pengunjungnya. Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah struktur bangunan yang mengesankan serta penataan taman yang cantik. Di mana pun lokasinya, sangat sesuai untuk dijadikan objek foto favorit, terutama dengan berpose di depan pintu masuk candi. 

Dari situ, pengunjung dapat menikmati pemandangan seluruh area candi. Dengan mengambil sudut foto yang sedikit lebih rendah, pengunjung akan tampak lebih tinggi, sementara candi terlihat kokoh di belakangnya. Meskipun tidak ada spot foto modern buatan, keindahan bangunan candi dan taman sudah cukup menarik untuk diabadikan. Meskipun terdapat pemukiman penduduk di sekitarnya, ini tidak mengganggu keindahan pemandangan ketika berfoto.

3. Jejak Sejarah Kerajaan Majapahit

Candi Pari didirikan pada tahun 1293 Saka atau 1371 Masehi ketika Raja Hayam Wuruk memerintah Kerajaan Majapahit. Tempat ibadah ini memiliki koleksi arca-arca sebagai bukti sejarah dari masa kejayaan kerajaan tersebut. Di antara peninggalan kerajaan ini terdapat dua arca Siwa Mahadewa, dua arca Agastya, dan tujuh arca Ganesha, serta tiga arca Budha yang ditemukan di sekitar area candi. Meskipun arca-arca ini tidak berada di bangunan candi, mereka disimpan di Museum Nasional Jakarta. Keberadaan arca-arca ini menegaskan bahwa Candi Pari adalah tempat ibadah Hindu pada masa lalu, dan hingga kini tetap digunakan sebagai tempat peribadatan bagi umat Hindu, menjaga warisan sejarah dan keagamaan yang berharga.

Tips Buat Kamu Yang Mau Berkunjung keCandi Pari

Saatu mengunjungi Candi Pari, ada beberapa tips yang dapat meningkatkan pengalaman wisata Anda. Pertama, pastikan untuk mempersiapkan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca, karena kunjungan Anda mungkin melibatkan berjalan kaki di sekitar kompleks candi. Kedua, jangan lupa membawa perlengkapan seperti topi, kacamata hitam, dan tabir surya untuk melindungi diri dari sinar matahari yang terik. 

Ketiga, selalu patuhi aturan dan tanda-tanda yang terpasang di sekitar candi untuk menjaga keamanan dan kelestarian situs bersejarah ini. Keempat, manfaatkan fasilitas yang disediakan, seperti panduan wisata atau audio tour, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang sejarah dan makna budaya Candi Pari. Terakhir, jangan lupa untuk membawa air minum dan camilan ringan agar tetap terhidrasi dan berenergi selama menjelajahi candi. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memaksimalkan pengalaman wisata Anda di Candi Pari dan membuat kunjungan Anda menjadi lebih menyenangkan dan berkesan.

Berkunjung ke Candi Pari dengan Sewa Mobil di Naba Transport

Berencana mengunjungi Candi Pari dan membutuhkan kendaraan yang nyaman dan terawat? Naba Transport adalah solusi yang tepat untuk Anda. Kami menyediakan berbagai jenis mobil yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan dan preferensi Anda, mulai dari mobil keluarga seperti Innova yang luas hingga mobil premium seperti Pajero yang stylish. Setiap kendaraan kami selalu dirawat dengan baik untuk memastikan kenyamanan dan keamanan perjalanan Anda.

Selain itu, Naba Transport juga menyediakan layanan driver profesional yang siap mengantarkan Anda ke destinasi wisata favorit Anda dengan aman dan nyaman. Driver kami sangat berpengalaman dan mengenal area setempat dengan baik, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang navigasi atau parkir. Dan yang terpenting, kami menyediakan layanan customer service 24 jam yang siap membantu Anda kapan saja. Jadi, tunggu apalagi? Sewa mobil di Naba Transport sekarang juga dan nikmati perjalanan wisata Anda dengan nyaman dan bebas repot!

Call Us

WhatsApp / Call

Follow Us

Share This :