Gaya Hidup Sehat Di Era New Normal

Gaya Hidup Sehat Di Era New Normal

Pandemi Covid-19 memang membawa berbagai perubahan dalam kehidupan manusia. Mulai dari aktivitas seperti bekerja maupun kegiatan belajar dilakukan di rumah. Setelah berbulan-bulan di rumah saja, kini kita harus beradaptasi dengan kebiasaan baru atau new normal. Sesuai dengan istilahnya, new normal yaitu fase ketika aktivitas publik kembali dibuka namun tetap mengedepankan protokol kesehatan. Tempat-tempat umum dan aktivitas yang melibatkan banyak orang seperti pusat perbelanjaan, pertokoan, kantor, bandara, stasiun, gym, dan tempat ibadah di sebagian daerah kembali dibuka secara bertahap.

3 Aspek Kebijakan di Era New Normal, Meliputi Diskon Bayar Pajak, Listrik  untuk Golongan Tertentu - Tribunnewsmaker.com

Dengan adanya kebijakan new normal ini, otomatis kita juga perlu mempersiapkan diri. Caranya tentu saja dengan tetap memakai masker, rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta menjaga jarak fisik dengan orang lain minimal 1-2 meter, membawa peralatan makan dan minum sendiri dari rumah. Selain itu, untuk hidup berdampingan dengan virus corona juga diperlukan pula stamina dan imun yang baik agar tetap sehat beraktivitas di tengah pandemi. Dengan gaya hidup sehat juga bisa membantu kamu agar tercegah terserang penyakit tidak seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol.

Kamu bisa memasak menu makanan yang sehat di rumah agar tetap terjamin kebersihannya. Banyak sekali menu–menu sehat yang bisa kamu kreasikan setiap hari untuk keluarga di rumah dan untuk dibawa sebagai bekal saat kita beraktivitas menghadapi new normal.

Tren pola gaya hidup sehat seperti apa yang harus diterapkan selama new normal? Pola hidup sehat sebenarnya sudah di imbau sejak lama bahkan sebelum adanya wabah virus ini. Namun kebiasaan ini mulai diterapkan kembali sejak pandemi ini. Berikut ini pola hidup sehat dan bersih yang sebaiknya tetap kamu lakukan di era new normal ini:

  1. Makan Buah dan Sayur Serta Minum 8 Gelas Air Setiap Hari

makanan sehat

Buah dan sayur mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk tubuh kita. Makan buah dan sayur dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Jika imunitas tubuh kita kuat maka virus dan bakteri rentan masuk ke tubuh. Minum air putih 8 gelas sehari memang sangat dianjurkan oleh ahli kesehatan. Terlebih di saat pandemic Covid-19 seperti saat ini, banyak ahli kesehatan banyak menyarankan untuk banyak minum air putih. Air berguna untuk seluruh sistem di tubuh berjalan dengan lancar dan sempurna.

  1. Melakukan Aktivitas Fisik dan Olahraga Secara Rutin

Olahraga Seru di dalam rumah

Saat seperti ini, jaga daya tahan tubuh dengan melakukan olahraga rutin, bisa dilakukan di dalam rumah maupun di halaman rumah. Selain untuk kebugaran dan meningkatkan imun tubuh, olahraga juga dapat mengubah suasana hati. Sebaiknya olahraga dilakukan secara rutin agar kesehatan tetap terjaga di era new normal.

  1. Istirahat yang Cukup

istirahat cukup

Istirahat yang cukup ternyata mempengaruhi kesehatan loh. Tidur tidak hanya menghilangkan rasa kantuk tetapi juga sangat baik untuk kesehatan jiwa dan raga. Diduga kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal, jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes, dan tekanan jantung yang tidak teratur. Istirahat dan tidur yang cukup dapat menjaga kesehatan tubuh kita loh, agar terhindar dari penyakit tersebut diharapkan agar kamu tetap mendapatkan istirahat yang cukup di era new normal.

  1. Pola Pikir yang Positif

Cara Berpikir Positif

Saat pandemi corona seperti saat ini, ketakutan menghadapi virus corona dapat membuat orang mengalami gangguan cemas. Berpikir positif dapat menenangkan perasaan di tengah kabar mengenai corona. Pola pikir dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Orang yang berpikir positif cenderung lebih sehat, mereka dapat mengahadapi stress yang dimilikinya dengan baik. Orang yang berpikir positif juga lebih mudah untuk menerapkan gaya hidup sehat, sehingga tidak rentang penyakit. Nah diharapkan kamu juga tetap berpikir positif di era new normal ini, tetap berpikir positif ya teman-teman.

  1. Berhenti Merokok

bahaya merokok

Ada banyak manfaat yang dirasakan karena berhenti merokok. Berhenti merokok dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Berhenti merokok dapat meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kadar oksigen, dan menurunkan peradangan atau inflamasi. Semua ini akan meningkatkan kekebelan tubuh.

Penerapan pola hidup sehat dari setiap individu seperti langkah-langkah di atas dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat menangkal virus Covid-19 yang memasuki era new normal.

Memasuki new normal ini dengan kamu menerapkan gaya hidup sehat diharapkan bisa mencegah penyebaran virus corona sebelum vaksin Covid-19 ditemukan. Dengan menjaga pola hidup sehat dan menerapkan protokol kesehatan, kamu mulai bisa menikmati aktivitas diluar ruangan, bahkan kamu juga bisa berlibur ke luar kota bersama keluarga, teman-teman atau orang terkasih.

Yuk baca juga artikel rekomendasi 6 tempat wisata baru instagramabel di Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *