Jangan Panik, Lakukan Hal Ini Jika Mobil Mogok Di Jalan

Mobil merupakan kendaraan yang sangat diandalkan oleh masyarakat saat ini, memiliki ruang yang bisa menampung banyak muatan dan juga memiliki kelebihan lainnya seperti anti panas, membuatnya sebagai pilihan orang untuk menunjang berbagai keperluan mulai dari bekerja, liburan hingga rumah kedua. Namun, jika tidak diperhatikan perawatannya, mobil bisa mogok. Kondisi inilah yang tak jarang dirasakan oleh sebagian orang, tak jarang mobil mogok membuat seseorang bingung dan panik.

 

Mobil mogok yang sering dirasakan oleh sebagian orang kebanyakan kurang perawatan, sehingga kendaraan mengalami kendala pada mesin dan membuat mesin menjadi bermasalah. Jika Anda mengalami kejadian ini usahakan tenang dan jangan panik. Dikutip dari Kompas Otomotif, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, langkah awal yang benar adalah segera mendorong mobil ke pinggir atau bahu jalan. Jika kondisinya sedang berada di jalan tol, setelah meminggirkan mobil, hubungi nomor darurat tol tempat Anda berada untuk dilakukan penderekan. “Jangan lupa untuk memasang segitiga pengaman, di samping nyalakan hazard lamp. Supaya pengendara lain lebih awas,” Ujarnya.

 

 

Baca Juga : Begini Cara Merawat Mobil Diesel

 

Kejadian mobil mogok bisa saja menimpa siapa pun, untuk menhadapi situasi ini terlebih Anda adalah seorang pemula, begini cara untuk mengatasi persoalan tersebut:

 

Tepikan Mobil

Ketika mobil mogok di jalan, hal yang harus dilakukan adalah menepikan mobil ke bahu jalan. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu pengguna jalan lain yang sedang melintas di jalanan tersebut. Anda  bisa mendorongnya ke pinggir jalan sehingga mobil berada di tempat yang aman.

 

Nyalakan Lampu

Setelah mobil merasa berada di tempat yang aman, langkah selanjutnya yang perlu Anda dilakukan adalah menyalakan lampu hazard. Hal ini bertujuan untuk memberitahukan kepada pengendara lain bahwa mobil Anda sedang mengalami masalah darurat. Dengan dinyalakannya lampu hazard, pengendara lain juga bisa lebih berhati-hati ketika melintasi jalanan tersebut.

 

Pasang segitiga pengaman

Selanjutnya adalah memasang segitiga pengaman. Alat ini sangat berguna sebagai penanda bahwa adanya keadaan darurat yang sedang dialami kendaraan Anda. Pasang segitiga pengaman ini di depan dan di belakang mobil yang berjarak sekitar 20-25 meter. Stiker pada segitiga pengaman ini akan menyala bila terkena sorot lampu kendaraan lain. Dengan begitu mobil Anda akan tetap terlihat meski dalam keadaan gelap.

 

Tenangkan pikiran

Biasanya, sebagian besar orang akan langsung panik jika mengetahui mobilnya berhenti mendadak atau mogok di tengah jalan. Usahakan untuk tetap tenang dalam mengendalikan diri karena kondisi pikiran akan memengaruhi tindakan selanjutnya. Oleh karena itu yang harus Anda lakukan adalah tenangkan pikiran dan atur napas untuk segera mencari solusi terbaik.

 

Cari bantuan terdekat

Setelah kendaraan berada dalam jalur aman dan pikiran Anda sudah tenang segera mungkin cari bantuan terdekat.

 

Sebenarnya, bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan membutuhkan mobil yang selalu dalam kondisi prima, Anda bisa menggunakan jasa dari Naba Rent Car. Mengapa demikian?

Customer Service 24 / 7 hari Full

Customer Service kami siap membantu anda dan memberikan layanan terbaik selama 24 jam satu minggu penuh untuk memastikan semua kebutuhan anda untuk rental mobil di Cirebon terpenuhi.

 

Driver kami yang Ramah dan Sopan

Kami mempunyai Driver untuk menemani perjalanan Anda, baik untuk perjalanan dalam kota maupun luar kota. Pengemudi Kami sangat sopan, ramah, dan berpengalaman dapat membantu perjalanan Sewa Mobil Cirebon anda.

 

Tersedia Berbagai Jenis Kendaraan

Kami memiliki berbagai jenis dan Tipe mobil terbaru. Bebas memilih Mobil Manual atau Rental Mobil Matic. Kami selalu melakukan perawatan berskala, guna memastikan kendaraan dalam keadaan yang baik dan prima.

 

Pengalaman lebih dari 10 tahun

Didukung dengan Management yang baik dengan pengalaman yang sudah dilalui dari tahun ketahun selama hampir 10 tahun. Kami berupaya memahami Kebutuhan pelanggan dan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik.

 

Harga yang Kompetitif

Kami memberikan harga yang kompetitif dan memberikan nilai lebih bagi uang sewa yang dikeluarkan pelanggan. Oleh karena itu harga Sewa Mobil di kami Harga sangat Terjangkau namun dengan Kualitas terbaik, untuk kepuasan Pelanggan setia kami.

 

Fasilitas Mobil Pengganti

Fasilitas Mobil pengganti adalah fasilitas dimana saat pelanggan mengunakan mobil, namun mobil yang digunakannya mengalami kendala dan kerusakan, maka kami akan menyediakan Mobil pengganti. (syarat dan ketentuan berlaku).

 

Sumber : idntimes

Image by: Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *