Mau Beli Mobil Baru, Sudah siap biaya Service mobil ?

biaya service mobil

Jaman sekarang, orang-orang banyak mengendarai mobil pribadi dalam beraktivitas sehari-hari. Katanya, punya mobil pribadi jadi nggak perlu repot-repot pusing mikirin hari ini naik apa ya? Apalagi disaat musim hujan, punya mobil pribadi sangat membantu sekali dalam beraktivitas diluar ruangan. Tapi dengan begitu, kamu jadi punya tambahan tanggung jawab loh, kamu jadi harus mengeluarkan biaya tambahan untuk Service Mobil, supaya mobilmu selalu dalam kondisi prima.

Kapan sih harus Service Mobil?

Saat ini sih, umumnya ada dua parameter yang umum dipakai untuk menentukan waktu Service Mobil, yaitu berdasarkan waktu atau kilometer jarak tempuh. Untuk jarak tempuh sendiri, bagi pengguna moil baru wajib menjalani servis mobil berkala 1.000 km atau satu bulan pertama. Mana yang sekiranya tercapai lebih dulu.

Mengapa servis mobil 1.000 km pertama menjadi menu wajib?

Tujuannya untuk memastikan kondisi kendaraan sesuai standar. Mobil harus dipastikan mampu bekerja atau berfungsi optimal, setelah digunakan pelanggan dalam kurun waktu 1 bulan dari penyerahan.

Selain itu, Service Mobil berkala 1.000 km atau satu bulan pertama, memastikan mobil baru milik pelanggan berada dalam kondisi prima. Soalnya, ada beberapa komponen mekanikal dan elektronik yang harus dicek. Meski ada jaminan dari produsen, namanya benda elektronik kadang ada error atau alami kerusakan.

Manfaat lain, ada komunikasi antara pemakai dengan mekanik bengkel resmi. Bisa saja cara Anda menggunakan mobil kurang pas, sehingga menimbulkan kerusakan komponen mobil. Atau bahkan memperpendek usia komponen. Deteksi dini membuat kerusakan tidak bertambah besar dan menjalar. Sehingga langsung bisa diperbaiki dan Anda terhindar dari risiko service mobil lebih besar.

Yang tak kalah penting, servis mobil berkala 1.000 km merupakan salah satu pertimbangan pemberian garansi. Sebab, syarat utama warranty atau garansi adalah rutin melakukan servis berkala di bengkel resmi, seperti Auto2000.

 

Apa aja sih Komponen mobil yang wajib dicek secara berkala ?

Bagian yang dicek meliputi fungsi dari seluruh komponen interior atau ruang kemudi, seperti sistem kemudi, sistem keamanan, fungsi kelistrikan, AC, dan head unit.

Setelah itu, pengecekan dilanjut ke bagian eksterior. Meliputi bodi, pintu dan fungsi penunjang seperti lampu mobil serta wiper. Lanjut ke bagian yang agak berat yakni mesin. Dilakukan pemeriksaan oli mesin, tegangan fan belt, volume air radiator, minyak rem, fluida-fluida lainnya dan pengecekan fungsi mesin secara umum.

Kemudian menuju sistem penggerak seperti transmisi dan kopling. Tak lupa dicek bagian sasis yakni fungsi shock absorber dan rem mobil. Jika ada kerusakan, langsung dilakukan tindakan penggantian secara gratis. Tentu untuk komponen yang dijamin oleh garansi Toyota dan bukan kerusakan akibat salah perlakuan oleh pemilik mobil.

Berapa biaya service mobil yang harus dibayar oleh pemilik mobil untuk pemeriksaan komprehensif?

Berapa biaya service mobil yang harus dibayar ? Nihil alias gratis, tidak dipungut biaya sedikitpun. Supaya tidak terlewatkan servis berkala yang krusial ini, Anda bisa unduh aplikasi Auto2000 Mobile dan memasukkan data kendaraan di menu profile. Ada notifikasi bila sudah waktunya servis berkala.

Masih lewat aplikasi Auto2000 Mobile. Anda juga bisa langsung melakukan booking service untuk menjalani servis berkala, di bengkel resmi Auto2000 atau menugaskan tim THS – Auto2000 Home Service. Langkah ini bisa mempermudah Anda, untuk melaksanakan perawatan rutin di tempat dan waktu yang Anda mau.

 

Lalu kira- kira berapa ya perkiraan biaya service mobil per tahunnya?

Setiap mobil memiliki biaya perawatan yang berbeda-beda, tergantung jenis dan pemakaiannya loh.

Mobil MPV seperti All New Ertiga misalnya, hanya butuh total Rp 1.474.000 per tahun, dengan asumsi pemakaian 20 ribu/tahun. Jumlah ini sudah mencakup biaya jasa servis dan pembelian spare part. Kemudian, untuk Toyota Rush sekitar Rp1.883.000. Untuk Toyota Yaris, hanya di angka Rp944.900 dengan servis mencakup spooring, ganti filter oli, oli mesin, gasket plug, balancing, dan ganti busi.

Sudah kebayang kan berapa kisaran biaya servis mobil dan komponen apa aja yang harus diganti secara berkala. Biaya tersebut bersifat fluktustif loh, jadi bisa berubah-ubah tergantung kebijakan brand dan kondisi ekonomi.

Jadi, ingat-ingat ya, saat memutuskan untuk membeli mobil, pengeluaran yang harus diperhitungkan itu nggak hanya saat bayar DP, cicilan bulanan, dan bahan bakar saja. Namun, kamu pun harus mempertimbangkan biaya servis rutin yang nggak kecil.

 

Sumber : berbagai sumber

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *