Menyantap Babat Gongso Kelezatan Kuliner Semarang

You are currently viewing Menyantap Babat Gongso Kelezatan Kuliner Semarang

Babat Gongso masakan khas Semarang telah menjadi primadona di ranah kuliner dengan keunikan cita rasa pedas yang menggoda selera. Dibuat dari bahan utama jeroan sapi, masakan ini diolah dengan sempurna melalui proses tumis menggunakan aneka bumbu dan rempah-rempah pilihan. Dalam tradisi Jawa, istilah “gongso” merujuk pada makanan yang dimasak hingga setengah kering, menambahkan karakteristik khusus pada hidangan ini. Selain babat sapi, beberapa varian gongso juga menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya, tetapi tetap mempertahankan cita rasa yang akrab dengan lidah orang Indonesia.

Asal-usul Babat Gongso

babat gongso
Source By Ayo Semarang

Makanan khas Semarang yang mengundang selera, memiliki sejarah yang menarik. Kata “gongso” dalam namanya berasal dari bahasa Jawa yang berarti tumis, namun uniknya, kuliner ini disajikan tanpa kuah. Menjadi ciri khas yang membedakannya dari kuliner lainnya. Asal muasalnya menciptakan kreativitas dalam mengolah bahan makanan, di mana gongso menjadi metode memasak yang memberikan karakteristik istimewa pada Babat Gongso.

Dalam penyajiannya, babat yang digunakan adalah babat segar yang dipotong kecil-kecil, kemudian dicampur dengan bumbu gongso yang khas. Proses pengolahan ini menghasilkan kuliner dengan tekstur yang lembut dan cita rasa yang istimewa.

Keunikan Makanan Khas Semarang Ini

babat gongso
Babat Gongso Source By Paxel Market

Seperti namanya merupakan hidangan yang terdiri dari irisan babat dan jeroan sapi yang digongso atau ditumis bersama beragam rempah. Bumbu-bumbu seperti bawang, cabai, dan kecap memberikan cita rasa khas pada masakan ini. Sensasi kenyalnya babat yang dipadu dengan pedasnya rempah menciptakan kelezatan yang sulit dilupakan di lidah. Selain disantap dengan nasi putih, makanan ini juga sering diolah menjadi nasi goreng dengan cita rasa yang unik dan menggugah selera.

Rekomendasi di Semarang

Babat Gongso Pak Karmin Mberok Source By Kompasiana.com

1. Hengky

Babat Gongso Hengky telah menjadi ikon kuliner di Semarang sejak tahun 1988, menyajikan hidangan lezat yang dimasak dengan menggunakan kayu bakar dan disajikan dengan sentuhan tradisional daun pisang. Terletak di dalam kawasan Perumahan Anjasmoro, tempat makan ini menjadi destinasi favorit bagi para penggemar kuliner. Selain menu utama Nasi Babat , mereka juga menawarkan variasi hidangan lain seperti Nasi Goreng Babat, Paru Goreng, dan Nasi Goreng Telur. Menawarkan kenyamanan bagi pelanggannya dengan menyediakan Nasi Goreng dan Gongso dalam bentuk frozen food. Dengan harga mulai dari Rp 20.000-an, pelanggan dapat menikmati kelezatan kuliner khas Semarang ini. Lokasinya yang strategis di Jalan Puri Anjasmoro Blok K, Tawangsari, Semarang, membuat mudah diakses oleh pengunjung. Mereka buka setiap hari mulai dari pukul 05.00 WIB hingga 23.00 WIB, memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk menikmati hidangan favorit mereka kapan pun mereka inginkan.

2. Pak Karmin Mberok

Pak Karmin telah menjadi salah satu ikon kuliner Semarang sejak tahun 1971, mempersembahkan cita rasa yang legendaris. Dikenal dengan babat halus dan babat kasar yang berkualitas, tempat ini tidak hanya menyajikan Nasi Babat Gongso, tetapi juga variasi menu lain seperti Nasi Ayam Gongso dan Nasi Telur Gongso untuk memenuhi selera pengunjung yang beragam. Harga yang terjangkau, mulai dari Rp 15.000 untuk satu porsi Nasi Babat Gongso dan Rp 20.000 untuk Nasi Goreng Babat, membuatnya menjadi pilihan yang menarik. Lokasinya yang strategis di Jalan Pemuda Nomor 2, Dadapsari, Semarang,  mudah diakses oleh para penggemar kuliner. Dengan jam buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 22.30 WIB, tempat ini siap memanjakan lidah para pelanggan setianya.

3. Nasi Goreng Babat Pak Taman

Nasi Goreng Babat Pak Taman adalah salah satu tempat makan yang terletak tak jauh dari Stadion Diponegoro, hanya berjarak sekitar 110 meter, dan telah menjadi warung makan favorit sejak tahun 1986 silam. Selain menyajikan menu utama nasi goreng babat gongso. Di samping itu, terdapat juga variasi menu lain seperti nasi goreng telor dan nasi goreng ayam, dengan telur bebek yang membuat rasanya lebih gurih. Harga untuk satu porsi nasi goreng Babat Pak Taman mulai dari Rp28 ribu-an. Lokasinya berada di Jalan Stadion Selatan, Karang Kidul, Semarang, dan buka setiap hari mulai pukul 06.30 WIB sampai 16.00 WIB.

4. Nasi Goreng Babat Pak Sumarsono

Di satu kawasan yang sama dengan warung makan Babat Gongso Hengky, terdapat Nasi Goreng Babat Pak Sumarsono yang menawarkan harga seporsi nasi goreng babat sebesar Rp17 ribuan, sementara harganya sendiri mencapai Rp30 ribuan. Lokasinya berada di Jalan Anjasmoro Raya Nomor 64, Karangayu, Semarang. Tempat makan ini buka setiap hari, namun dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi siang dari pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB, serta sesi sore dari pukul 17.00 WIB hingga 00.00 WIB.

5. Tahu Pong Babat Gongso Pak Sabar

Warung babat gongso ini telah menjadi legendaris sejak tahun 1981, menawarkan pengalaman kuliner yang autentik. Selain babat gongso dan nasi goreng babat, mereka juga menghidangkan tahu pong, camilan khas Semarang yang tak kalah lezat. Menawarkan harga mulai dari Rp25 ribu untuk satu porsi menu. Terletak di Jalan Depok, Kembangsari, Semarang, tempat makan ini buka setiap hari mulai pukul 18.30 hingga 01.00 WIB, mempersembahkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi para penggemar cita rasa Semarang yang otentik.

Wisata Kuliner Bersama Naba Transport

Nikmati petualangan kuliner yang tak terlupakan di kota Semarang dengan sewa mobil Semarang dari Naba Transport. Dengan layanan sewa mobil yang andal dan nyaman, Anda dapat menjelajahi beragam tempat makan terkenal di Semarang tanpa khawatir tentang transportasi. Mulai dari warung-warung tradisional yang menyajikan hidangan khas seperti babat gongso, tahu pong, hingga makanan modern dengan sentuhan lokal di restoran-restoran bergaya. Dengan mobil dari Naba Transport, Anda dapat menikmati kelezatan kuliner Semarang dengan mudah dan nyaman, serta menjelajahi berbagai destinasi kuliner di kota ini tanpa hambatan. 

Kami menyediakan layanan rental mobil yang handal dan nyaman, dengan sewa mobil harian dan armada mobil lengkap, memastikan kamu dapat menjelajahi tempat-tempat menarik di Semarang dengan lebih leluasa. Dengan armada yang terawat dan sopir yang berpengalaman, Naba Transport akan menjadikan perjalanan wisata kamu semakin tak terlupakan.

Call Us

WhatsApp / Call

Follow Us

Share This :