Manfaat Puasa Yang Harus Diketahui Kaum Hawa

Puasa merupakan ibadah yang wajib dijalankan oleh seorang muslim pada Bulan suci Ramadhan. Puasa sendiri merupakan suatu ibadah yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan serta menyembuhkan penyakit. Tak sampai disitu saja, manfaat puasa bagi kecantikan  pun melengkapi deretan manfaat baik dari berpuasa.

 

Lalu, mengapa puasa bermanfaat bagi kecantikan? Dilansir dari kompas beauty Menurut salah satu seorang pakar kecantikan menjelaskan “Puasa berpengaruh dalam kecantikan. Sebab, jika seseorang berpuasa tentunya asupan minyaknya jadi berkurang, seperti makanan berkolesterol. Berkurangnya makanan yang glikemik indeksnya tinggi berimbas baik pada kulit, mengonsumsi makanan yang glikemik indeksnya tinggi dapat memicu timbulnya jerawat. dari sini sudah terlihat bahwa jika seseorang sedang berpuasa, maka akan mengurangi konsumsi makanan yang berminyak, sehingga akan mengurangi timbulnya jerawat”.

 

Baca Juga : Selain Dapat Pahala, Puasa Juga Bisa Mencegah Virus Corona

 

Selain mendapatkan pahala karena menjalankan ibadah puasa, manfaat puasa juga memberikan kecantikan suatu hal yang sangat diidamkan kaum hawa. Kecantikan merupakan suatu hal yang sangat diinginkan oleh wanita tak terkecuali wanita muslimah, oleh karena itu lah kebanyakan wanita selalu ingin tampil beda, bukan semata-mata untuk menarik lawan jenisnya, namun penampilan wanita dengan wajah yang cantik pun dapat menunjang kepercayaan diri yang dibutuhkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

 

Manfaat puasa bagi kecantikan merupakan suatu hal yang bisa didapatkan oleh kaum hawa saat menjalankan ibadah suci tersebut, lalu apa saja manfaat puasa bagi kecantikan? Berikut rangkumannya:

 

Mengatasi jerawat

 

Tahukah Anda bahwa dengan puasa juga bisa membantu mengatasi jerawat? Ya faktanya jerawat memang bisa diredakan dengan puasa. Bagaimana cara kerjanya? Hal ini tentu saja tidak terlepas dari proses detoksifikasi tubuh saat puasa. Jerawat merupakan hasil dari bakteri dan racun yang ada di dalam tubuh sehingga dengan melakukan puasa, jerawat dapat mudah hilang lebih cepat.

 

Membersihkan kulit

 

Manfaat lainnya dari puasa adalah mampu mendetoksifikasi tubuh. detoksifikasi adalah proses pembersihan diri dari berbagai racun dalam tubuh. racun yang ada di dalam tubuh ini akan secara bertahap dikeluarkan oleh tubuh lebih cepat dari pada biasanya. Proses detoksifikasi ini akan sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit karena akan membuat kulit lebih tampak bersih, segar, kenyal dan lebih cerah. Jadi jika anda melakuakn puasa rutin maka anda akan mendapatkan hasil yang sepadan pada kesehatan.

 

 

Menggantikan sel tubuh

 

Mungkin anda merasa bahwa saat anda puasa kulit anda akan terasa kusam dan kering namun anda tidak perlu khawatir dengan hal ini. hal ini dikarenakan saat  puasa tubuh mengganti sel-sel tubuh lebih cepat dari biasanya sehingga sel kulit pun akan terganti lebih cepat dari biasanya. Bukan hanya sel kulit saja yang diperbaharui namun juga sel tubuh lainnya. jangan lupa untuk makan sahur dan buka dengan makanan yang bergizi tinggi supaya proses regenerasi sel kulit ini menjadi lebih cepat dan sehat.

 

Mencegah iritasi kulit

 

Sebuah penelitian yang dilakukan dengan menghubungkan antara kesehatan kulit dan puasa mendapatkan hasil yang sangat menakjubkan dimana ternyata kontak antara kulit dengan zat berbahaya bagi tubuh dan kulit bisa diminimalisir dengan adanya puasa. Jadi jika ada kontak antara kulit dan zat berbahaya dalam tubuh maka akan segera sembuh dalam waktu kurang dari 48 jam saat tubuh berpuasa.

 

So, jika Ingin cantik, tapi tidak ingin mengeluarkan budget besar untuk perawatan di salon kecantikan, Anda bisa berpuasa, Puasa tidak hanya mendatangkan pahala, tapi juga mengandung manfaat yang besar untuk kesehatan dan kecantikan. Selamat berpuasa.

 

 

Image By : Freepik

Sumber: Berbagai Sumber