Wisata Ziarah Cirebon: Menyusuri Makam Para Penyebar Islam di Kota Udang

You are currently viewing Wisata Ziarah Cirebon: Menyusuri Makam Para Penyebar Islam di Kota Udang

Wisata ziarah Cirebon menawarkan pengalaman yang kaya akan nilai spiritual dan sejarah, membawa pengunjung menyusuri jejak-jejak para tokoh penting dalam penyebaran Islam di Jawa Barat. Cirebon sendiri merupakan sebuah kota di Jawa Barat yang tidak hanya dikenal dengan keindahan alam dan kulinernya, tetapi juga sebagai pusat wisata religi yang kaya akan sejarah. Berbagai makam tokoh penting dalam penyebaran Islam dan sejarah kerajaan menjadikan Cirebon sebagai destinasi yang sering dikunjungi para peziarah. Berikut ini adalah rangkuman Naba Transport tentang beberapa tempat wisata ziarah yang paling terkenal di Cirebon.

7 Rekomendasi Wisata Ziarah Makam di Cirebon

1. Makam Sunan Gunung Jati

wisata religi Cirebon
Ziarah Kubur Sunan Gunung Jati
Source by Dokumentasi Pribadi Naba Transport

Makam Sunan Gunung Jati menjadi pusat ziarah yang paling ramai dikunjungi di Cirebon. Sunan Gunung Jati adalah salah satu dari Wali S3ongo, sembilan wali yang berperan penting dalam penyebaran Islam di Jawa. Kompleks makam ini memiliki sembilan pintu dan setiap pintunya dilengkapi dengan tujuh anak tangga, simbolik terhadap nilai-nilai spiritual dalam Islam. Meskipun pengunjung hanya diizinkan sampai area pintu gerbang, aura kesucian dan ketenangan tempat ini tetap terasa kuat.

  • Harga Tiket : Infaq Seikhlasnya
  • Jam Buka    :24 Jam
  • Lokasi          : Jl. Sunan Gn. Jati, Astana, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon

2. Makam Putri Ong Tien

Makam Sunan Gunung Jati
Source by Doc. Pribadi Naba Transport

Masih berada di kompleks pemakaman Sunan Gunung Djati, di sini terdapat juga makam Putri Ong Tien. Putri Ong Tien ini adalah istri dari Sunan Gunung Jati sekaligus seorang putri dari Dinasti Ming di Tiongkok. Makamnya yang terletak di kompleks yang sama dengan makam Sunan Gunung Jati ini sering menjadi tujuan ziarah karena arsitekturnya yang unik dan bergaya Tiongkok. Keunikan ini menarik perhatian banyak pengunjung, baik untuk berziarah maupun menikmati keindahan arsitektur.

  • Harga Tiket : Infaq Seikhlasnya
  • Jam Buka    :24 Jam
  • Lokasi          : Jl. Sunan Gn. Jati, Astana, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon
  •  

3. Plangon Cirebon

Plangon
Source : indonesiakaya.com

Plangon Cirebon adalah tempat yang unik karena selain menjadi lokasi makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kajaksan, tempat ini juga dihuni oleh ratusan monyet. Keberadaan monyet-monyet ini menambah daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Plangon tidak hanya menjadi tempat ziarah, tetapi juga wisata alam yang menarik.

  • Harga Tiket : Rp3.000,-
  • Jam Buka    : 24 Jam
  • Lokasi          : Desa Babakan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon 

4. Makam Syekh Magelung

Wisata Ziarah Cirebon
Source by Google Foto Hermansyarh

Syekh Magelung, yang dikenal sebagai Pangeran Soka Yani, adalah putra Raja Syam dan seorang ulama terkenal pada masanya. Makam ini menjadi salah satu tempat ziarah penting di Cirebon, di mana pengunjung datang untuk berdoa dan mengenang jasa-jasanya dalam penyebaran agama Islam.

  • Harga Tiket : Infaq Seikhlasnya
  • Jam Buka    : Setiap hari, 24 Jam
  • Lokasi          : Desa Karangkendal, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon

5. Petilasan Mbah Suwuh Sangkan

Wisata Ziarah Cirebon
Source by Google Foto Den Bagues

Mbah Suwuh Sangkan, atau Pangeran Walangsungsang, adalah putra dari Prabu Siliwangi IX dan saudara kandung dari Raden Kian Santang. Ia memiliki peran penting dalam sejarah Cirebon, khususnya dalam penyebaran agama Islam. Makamnya sering dikunjungi oleh mereka yang ingin menghormati jasa-jasanya.

  • Harga Tiket : Infaq Seikhlasnya
  • Jam Buka    : Setiap hari, 24 Jam
  • Lokasi          : Jl. Lembah Cimandung, Kerandon (Cirebon Girang), Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon

6. Makam Ki Buyut Trusmi

Wisata Ziarah Cirebon
Source by Doc. Pribadi Naba Transport

Buyut Trusmi adalah tokoh penyebar agama Islam di Cirebon dan anak pertama dari Prabu Siliwangi, Raja Pajajaran. Makamnya berada di Kampung Trusmi dan menjadi salah satu destinasi ziarah yang banyak dikunjungi, di mana pengunjung datang untuk berdoa dan mengenang kontribusinya dalam penyebaran Islam di wilayah tersebut. Di makam ini juga terdapat tradisi pergantian atap rumah setiap empat tahun sekali. Tradisi pergantian atap rumah dari rumput ini dinamai tukar welit dan ganti sirap.

  • Harga Tiket : Infaq Seikhlasnya
  • Jam Buka    : Setiap hari, 24 Jam
  • Lokasi          : Desa Trusmi Wetan, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon

7. Makam Kramat Nyimas Gandasari

Wisata Ziarah Cirebon
Source by Google Foto R. Abdi Cherbon

Nyi Mas Ratu Ayu Gandasari, putri Sayyid Malik Shaleh dari Aceh, juga menjadi tokoh penting dalam sejarah dakwah Islam di Cirebon. Ia memainkan peran kunci dalam mempengaruhi Raja Galuh untuk memeluk Islam. Makamnya kini menjadi salah satu tempat ziarah yang banyak dikunjungi oleh mereka yang ingin mengenang jasa-jasanya.

  • Harga Tiket : Infaq Seikhlasnya
  • Jam Buka    : Setiaphari, 24 Jam
  • Lokasi          :  Desa Panguragan, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon

Wisata Ziarah Cirebon Bersama Naba Trnsport

Mengunjungi berbagai destinasi wisata ziarah di Cirebon bersama rombongan kini semakin mudah dengan layanan sewa mobil Cirebon. Untuk perjalanan bersama rombongan besar, tersedia pilihan kendaraan yang nyaman seperti Hiace, Elf Long, ataupun Bus Medium. Bagi Anda yang berencana bepergian dengan kelompok kecil, kami menyediakan Innova atau Avanza yang praktis dan nyaman. Dengan opsi rental mobil harian lengkap dengan supir, perjalanan ziarah Anda akan lebih praktis dan menyenangkan. Nikmati perjalanan ziarah yang berkesan tanpa khawatir tentang transportasi!

Call Us

WhatsApp / Call

Follow Us

Share This :