Explore Wisata Kuliner Medan Yukk!

wisata kuliner medan

Kota Medan yang identik dengan Suku Batak ini populer karena memiliki keragaman budaya dan keindahan wisata yang cukup melimpah mulai dari wisata alam, wisata religi, dan wisata anak. Eitss tapi tak hanya itu saja Medan juga terkenal dengan ragam wisata kuliner Medan yang lezat banyak makanan khas medan yang menjadi inceran para wisatawan.

Sangat disayangkan jika Anda tidak mengexplore wisata kuliner Medan karena kota yang di kerap dijuluki Paris Van Sumatra menyimpan segudang kuliner khas yang patut Anda coba saat berkunjung ke kota ini. Tapi uniknya di kota ini Anda bisa menemukan kuliner yang berasal dari berbagai daerah juga lhoo. Nah sebelum melanjutkan perjalanan wisata Medan ada baiknya Anda mengisi perut dengan mencicipi wisata kuliner Medan, berikut rekomendasi kuliner Medan yang bisa Anda coba!

1. Wisata Kuliner Medan Kari Bihun Tabona

Kari Bihun Tabona

Nama ‘Tabona’ dipilih karena berarti ‘Enak’ rumah makan di Medan ini sudah berdiri sejak tahun 1982. Kari ini adalah buatan warga Medan asli dengan campuran dari bihun, daging, dan berbagai macam jeroan dalam semangkok kari bihun . Selain kari bihun, Tabona juga memiliki opsi mie pangsit sebagai pengganti bihunnya. Rasa kari yang tak terlalu creamy ini rasanya semakin nendang karena memakai racikan rempah yang khas membuat aroma dan rasa kari Medan semakin nikmat apalagi dipadukan dengan daging sapi empuk dan ayam kampung yang gurih. Bihunnya diambil khusus dari Siantar dengan ukuran lebih besar, namun kelembutan dan kekenyalannya sangat pas dan berbeda dengan bihun biasanya.

Semua kari dijual Rp 45.000 per porsi. Kami tak melewatkan menu favorit yaitu kari daging sapi campur ayam kampung dengan bihun. Wah, porsi kari Medan ini lumayan besar!

Rumah Makan Tabona
Jl. Mangkubumi No. 17, Kecamatan Medan Maimun, Medan
Telepon: 061 4536952
Jam buka: 6.30 pagi – 16.30 sore

2. Lontong Kak Lin

Lontong Kak Lin - wisata kuliner medan

Menu kedua yang wajib Anda coba adalah lontong Kak Lin, warung lontong Medan ini sudah cukup melegenda sejak tahun 1994. Kuahnya yang gurih kental dengan paduan rempah makin enak disantap dengan lontong yang pulen padat. Salah satu menu lontong yang wajib Anda coba adalah lontong pecal. Tampilannya mirip seperti pecel atau gado-gado dengan paduan kuah gurih dan tidak encer. Selain menu lontong pecal, ada juga lontong sayur biasa, lupis, nasi gurih, lontong mie serta beberapa jenis olahan lontong lainnya dengan kisaran harga antara Rp10-20 per porsinya. Rasanya yang gurih dan pedas dan semakin nikmat karena ada bumbu rahasia yang digunakan untuk membuat lontong tersebut, biasanya makanan ini dipadukan sate kerang.

Warung Lontong Kak Lin
Jalan Cik Ditiro Medan
Jam buka: 06.30 pagi – 18.00 sore

3. Mie Balap Mail

Mie Balap Mail

Wisata kuliner Medan yang satu ini biasanya menjadi tempat sarapan bagi para warga lokal dan juga menjadi incaran wisatawan luar. Mie balap adalah makanan tradisional yang disajikan diatas daun pisang, sehingga merasakan sensasi yang unik. Kuliner Medan satu ini juga sering disebut dengan nama Mie Balap Krakatau karena letaknya berada di Jalan Krakatau sudah hampir 12 tahun selalu berada di tempat yang sama.

Penggorengan besar dan api membara menjadi modal untuk menghasilkan citarasa mie balap lezat. Di dalam satu porsi mie balap mail, terdapat menu bahan dasar yakni kwetiau dan bihun dengan paduan isi seafood dan juga telur. Sajian ini tentunya sangat pas untuk mengisi perut sebelum berkeliling di kota Medan. Harganya mulai dari Rp15.000 per porsi .

Mie Balap Mail
Jl. Gunung Krakatau No.105, Glugur Darat I
Jam buka : 07:00 pagi – 12:00 WIB

4. Sate Memeng

Sate Memeng

Wisata kuliner Medan satu ini sudah ada sejak tahun 1945 . Kerap di kenal dengan sate Memeng, nama Memeng berasal dari nama sang peracik sate pertama kali yaitu H. Muhammad Saimin yang akrab dipanggil Memeng. Ciri khas sate di sini adalah potongan dagingnya yang besar-besar dan tebal. Bumbu pada satenya meresap enak. Rasanya pedas dengan aksen cabai, bawang dan merica yang kuat. Saosnya yang menggunakan kuah sate Padang serta bumbu kacang rahasia yang khas.

Menu di Sate Memeng antara lain sate daging sapi, ayam, hati, usus dan campur. Bumbu atau kuah satenya bisa memilih antara sambal kacang, kecap atau kuah sate Padang. Bisa dicampur langsung di sate atau dipisah. Selain sate ada disini juga tersedia mie rebus. Mie rebus di sate Memeng ini tak kalah terkenal dengan satenya. Di tempat ini, Anda bisa memilih berbagai macam jenis daging, mulai dari kambing, sapi dan juga ayam. Harga satu porsi Sate Memeng dibanderol Rp 20.000 isi 5 tusuk sate.

Sate Memeng
Jl. Irian Barat No.2, Gg. Buntu, Kec. Medan Timur, Kota Medan.
Jam buka : 18.00-21.00

Baca Juga : Yuk Keliling Kota Medan

5. Bihun Asie Kumango

Bihun Asie Kumango

Bihun Bebek Asie Kumango telah ada sejak tahun 1930. Memiliki tempat yang sangat autentik dengan cat putih dengan dinding yang ditempeli keramik, menggunakan cangkir keramik, dan meja-meja bundar. Disini Anda bisa menikmati mie bihun yang sangat lezat dicampuri dengan daging bebek.

Dengan mengeluaran uang sebesar Rp. 60.000 Anda mendapatkan satu porsi bihun yang disajikan dengan irisan daging bebek melimpah, sawi, daun bawang, dan bawang putih goreng dan ada lauk tambahan seperti hati atau ampela. Dengan menggunakan bumbu dan juga rempah pilihan membuat kaldu dari bihun ini memiliki aroma yang sangat lezat. Kaldu di sini tidak terlalu kental, namun juga tak terlalu encer daging bebeknya yang empuk namun tidak terlalu lembek.

Kuah bihun bebeknya yang kental dan gurih lalu ditambah bumbu-bumbu lain yang mengekstrak kaldunya, tak heran kuah bihun bebek Asie ini banyak penggemarnya. Selain itu, jumlah suwiran daging bebeknya yang menutupi mangkuk bikin hidangan mahal ini menjadi cukup worth it.

Bihun Asie Kumango
Jl. Kumango No.15, Kesawan, Medan
07.00-11.00 (Minggu tutup)

6. Wisata Kuliner Medan Ci Cong Fan

Ci Cong Fan

Wisata kuliner Medan ini menjadi salah satu jajanan tradisional yang menjadi ciri khas dari setiap kota yang dikunjungi. Salah satu kuliner di medan yang terkenal adalah Ci Cong Fan. Ci Cong Fan adalah salah satu makanan khas Medan, yang berbentuk lembaran, mirip kwetiaw. Makanan ini terbuat dari tepung beras dan tang mien biasanya disajikan dalam potongan dan disiram kecap asin atau saus asam manis pedas. Tak lupa taburan bawang goreng yang berlimpah menjadi penyempurna makanan ini. Kuliner asli Medan yang satu ini juga punya banyak rasa. Ada yang polosan tanpa rasa, kemudian ci cong fan yang disertai isian, berupa daging sapi atau babi. Namun, sekarang banyak beredar versi vegetarian, dengan isi sayuran.

Lokasi untuk mendapatkan panganan paling enak se-Medan Raya ini ada di gerai pinggir jalan daerah selat panjang, yaitu Kedai Apui. Ci Cong Fan jarang ditemukan di restoran karena camilan ini memang merupakan street food paling khas dari Medan. Harga Ci Cong Fan bervariasi tergantung dengan pelengkap yang kamu inginkan. Untuk satu porsi Ci Cong Fan lengkap dengan lumpia, chai thau kwe, uyen dan siomay di Selat Panjang bisa diperoleh cukup dengan membayar Rp 10.000 sampai Rp 15.000 saja.

7. Mie Sop Methodist

Mie Sop Methodist
photo by @medsanfoodblog

Kenapa di namakan Mie Sop Methodist? Karena makanan ini berada di samping kampus Methodist Indonesia. Mie sop ini terdiri dari bihun, mie kuning, bola daging, kwetiau, jeroan dan juga kecambah. Yang menjadi ciri khasnya adalah aroma kaldunya yang menggunakan bumbu khas. Salah satu yang menarik dari mie sop ini adalah aroma dari kaldunya yang sangat sedap. Hal tersebut karena mie sop ini menggunakan bumbu khas yang tidak pernah berubah sejak awal berdiri.

Jl. Hang Tuah No.17, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia
Jam buka : 10.00 – 17.00

8. Kedai Ucok Durian

Kedai Ucok Durian - wisata kuliner medan

Kurang afdol rasanya kalau ke Medan tidak mencicipi durian. Karena Medan mempunyai durian khas yang memiliki rasa manis dan menggiurkan. Salah satu kedai durian yang terkenal adalah Ucok Durian yang sudah terkenal puluhan tahun ini ternyata milik Zainal Abidin atau yang akrab disapa Ucok. Kedai ucok ini menawarkan berbagai macam sajian yang terbuat dari buah durian berkualitas. Mulai dari pancake, durian kupas, es krim durian dan juga durian beku. Wahh pecinta durian wajib banget yaa kesini pokoknya! Untuk harga juga tidak terlalu mahal untuk ukuran buah durian yakni mulai Rp. 20.000 saja anda sudah bisa menikmati sajian durian yang ada di Durian Ucok ini.

Jalan KH Wahid Hasyim No 30-32

9. Martabak Piring Murni

Martabak Piring Murni - kuliner medan

Cari wisata kuliner Medan yang manis-manis ? Anda wajib coba martabak piring yang cukup legendaris di Medan. Camilan ini dicetak menggunakan piring di atas tungku arang, Anda bisa memesan martabak tipis atau tebal dengan topping keju, meses, serta cokelat. Salah satu keunikan martabak ini juga terdapat di bungkusnya yaitu menggunakan daun pisang. Martabak piring murni adalah salah satu kuliner di Medan yang sudah cukup legendaris. Harganya pun cukup murah yaitu mulai dari Rp. 4.000

Jalan Surabaya No. 39
Jam buka : 17.30 WIB – 23.30

10. Roti Tisu Martabak Gapa

Roti Tisu Martabak Gapa

Roti tisu martabak gapa adalah kuliner yang mempunyai tesktur hampir sama dengan krepes. Namun bentuknya saja yang berbeda roti tisu ini disajikan dengan bentuk yang menjulang keatas menyerupai gunung. Wisata kuliner Medan ini terbuat dari kulit martabak yang digoreng menggunakan mentega hingga terasa renyah dan kering.

Roti tipis ini digulung seperti tissu berdiameter 10 centimeter tinggi menjulang seperti sebuah menara sekitar 30 centimeter. Taburan keju dan juga lelehan susu kental manis menjadikan roti ini sangat pas untuk dinikmati bersama-sama. Untuk harganya sendiri cukup murah, hanya sekitar Rp 25.000 setiap porsinya.

Jl. Perniagaan No.15, Kesawan, Medan Bar, Kota Medan
Jam buka : 18.00 WIB – 24.00 WIB.

 Baca Juga : Ini Dia Tips Liburan Murah!

Menjelajahi wisata kuliner Medan tidaklah lengkap kalau tidak bersama dengan kerabat, keluarga atau teman terdekat Anda. Untuk dapat memaksimalkan kenyamanan dan kemudahan bagi Anda dalam mengeksplorasi berbagai tempat wisata dan kuliner di Kota Medan, Anda dapat menggunakan jasa layanan rental mobil Medan dari Naba Rent Car yang kami tawarkan dapat menjadi salah satu pilihan yang terbaik bagi Anda. Tersedia berbagai layanan mulai dari antar jemput bandara/stasiun, city tour, operasional perusahaan, dan wedding car. Bukan hanya itu Anda juga dapat memilih jenis mobil yang ingin dipakai sesuai dengan kebutuhan Anda karena di Naba tersedia berbagai macam unit.

Segera saja hubungi kami untuk mendapatkan berbagai informasi lebih lanjut mengenai layanan rental mobil Medan, customer service kami akan dengan senang hati melayani anda dan memberikan yang terbaik untuk kebutuhan anda. Wisata kuliner Medan sangat pas untuk mengisi perut sebelum berkeliling di kota Medan.

HUBUNGI KAMI

WhatsApp / Call

Follow Us

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *