Menjaga Kabin Mobil Dari Virus, Kuman Dan Bakteri

Ditengah merebaknya Virus Covid-19,menjaga kebersihan adalah hal penting yang harus dilakukan ditengah kian mengganasnya Virus Corona belakangan ini. Dengan berusaha menjaga diri sendiri untuk tetap bersih, diharapkan dapat meminimalisir risiko penularan. Lingkungan keseharian pun turut perlu dijaga, seperti kabin mobil.

Dalam dunia modern saat ini, mobil bisa dikatakan menjadi rumah kedua, selain di rumah seseorang banyak sekali menghabiskan waktu di dalam mobil mulai dari makan, sampai tidur pun di dalam mobil. Oleh sebab itu, bagian dalam sebuah Mobil merupakan salah satu bagian penting yang harus dirawat kebersihannya, agar terhindar dari virus, kuman dan bakteri demi kenyamanan ketika berkendara. Saat kabin mobil tersebut kotor, maka dengan mudah menjadi sarang dan sumber penyakit untuk itu kita harus sangat meperhatikan kebersihan dalam mobil karena kita sering melakukan aktifitas disana.

Baca Juga : Cara pencegahan Virus Corona Sebelum Berkendara

Membersihkan bagian penting dalam mobil ini pun tak boleh sembarangan, ada langkah dan cara tepat yang harus diterapkan, untuk itu yuk simak langkah berikut:

Usahakan secara rutin saat setelah dan akan dipakai bersihkan interior dengan lap yang mengandung pembersih, desinfektan atau alkohol berbentuk spray atau wipe. Apalagi bila kita biasa masuk mobil setelah berinteraksi dengan banyak orang atau berada di keramaian, atau mengangkut beragam penumpang dari teman nebeng sampai taksi online. Bersihkan setir, door trim dan handle pintu, dashboard serta cup holder. Bagian-bagian ini paling sering kita sentuh dan jadi tempat mendaratnya cairan atau kuman saat kita batuk atau bersih.

Setelah selesai dengan bagian- bagian tadi anda bisa berpindah ke karpet mobil, karpet mungkin bisa jadi bagian paling kotor karena merupakan tempat pijakan kaki. saat karpet-karpet mobil dikeluarkan dan dicuci, vakum seluruh bagian mobil. Lantai, jok dan sudut-sudut di antara jok dan lipatan jahitan, hingga kolong-kolong jok dan bagasi. Karena sulit dijangkau, bagian-bagian ini sering jadi tempat menumpuknya kotoran dan jadi sarang kuman. Apalagi kalau pelapis jok dari kain, kotoran yang mengandung cairan bisa membuat jok jadi lembab yang disukai kuman dan jamur. Kalau perlu seka dengan sabun, setelah dibilas, pastikan benar-benar kering. Setelah itu anda bisa menggunakan disinfektan spray untuk pencegahan terhadap virus, kuman dan bakteri.

Dan jangan lupa untuk membersihkan juga sandaran kepala, saku sandaran, sandaran, dan sandaran tangan adalah tempat lain yang harus dibersihkan. Gosok dengan air sabun untuk pelapis kulit imitasi atau vinil. Produk khusus pembersih untuk pelapis jok dapat digunakan untuk kursi kulit. Dan kemudian selalu gunakan disinfektan spray untuk pencegahan terhadap virus, kuman dan bakteri.

Langkah diatas bisa Anda terapkan dengan teratur untuk pencegahan virus covid-19 yang sedang mewabah, semoga dengan menerapkan langkah pencegahan tersebut kita bisa terhindar dari virus, bakteri dan kuman yang sering mengganggu kesehatan kita. Untuk tambahan, usahakan menggunakan hand santinizer setelah atau sebelum memegang kabin mobil anda.

 

Sumber : rumahmodifikasi, otomotif.kompas